Follow Us

header ads

Ketua IAKMI Sumbar Nizwardi Azkha Minta Pemprov Mealokasikan Dana Meeliminasi Penyakit ATM

Padang ( SUMBAR).CR-Ketua IAKMI Sumbar Nizwardi Azkha,SKM ,MPPM ,M.Pd,M.Si Pada Cahaya realita.com Senin(21-11-2022) diruang kerjanya diKampus Alifah jalan Khatib Sulaiman Padang,mengatakan,”Bagaimana Pemprov Pemda atau menganggarkan atau mealokasikan anggaran untuk meeliminasi penyakit AIDS,TB dan Malaria untuk tahun 2030 nanti,ujar Nizwardi

"Untuk itu kalau berbicara masalah TB tidak bisa di kerjakan oleh orang Kesehatan saja tapi harus bener-bener multi disiplin ilmu dari semua istitusi dan termasuk organisasi Kemasyarakatan dan contoh bagai mana nanti dalam penemuan karena yang sulit itu penemuan-penemuan HIV/AIDS,TB itu sulit karena harusnya dilakukan Screaning dan pemeriksaan Kesehatan ,tapi orang itu tidak mau datang",ujarnya.

Maka untuk itu tugas masyarakat terutama masyarakat yang berada didekat tengah masyarakat yang tadi contoh adanya Dasawiswa kalau ada masyarakat yang batuk-batuk lebih dari seminggu disarankan cepat dilakukan pengecekan kesehatan ke Puskesmas atau tenaga kesehatan,katanya.

Dengan demikian kalau cepat dilakukan pemeriksaan Kesehatan cepet untuk dipantau tentu segera dilaku kan pemberian pengobatan supaya cepat juga kembali sehat. Sedangkan kalau tidak seperti itu tentu orang yang mengandung TB ini bisa kemana-mana bisa saja dia menyebarkan penyakit. Tapi kalau segera di ketahui maka dia segera juga diberi pengobatan, pengobatannya itupun harus secara teratur Untuk peng obatannya minimal 6 bulan. Disini peran keluarga jadi kalau ada keluarga nya yang sedang perawatan TB harus melihat juga apakah keluarganya rajin minum obat ,ungkap Nizwardi Azkha yang juga mantan Dekan lll Fakultas kesehatan masyarakat Universitas Andalas Padang yang juga Koordinator penyakit AIDS,TB,Maria (ATM).

Menurut Nizwardi Azkha menjelaskan lebih jauh artinya Kader ini dimanfaatkan untuk pencegahan AIDS, TB dan Malaria . Karena TB ini bukan saja pada orang Dewasa justru pada Anak-anak banyak dan jadi kalau kita lihat Anak-anak itu kasihan juga kita,Katanya.

Untuk itu kita mengajak masyarakat untuk peduli dengan TB. Untuk daerah Binaan ATM ini ada 3 daerah, yaitu Kota Padang, Kabupaten Mentawai dan Kota Bukittinggi,tutupnya.(putra)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom