Follow Us

header ads

Balimau Tradisi Mandi Menggunakan Jeruk Nipis

 Masyarakat sedang mandi dewnagan istilah Balimau 
 (Poto Susi )
Oleh Susi Suzana

Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian.

 Diwariskan secara turun temurun, tradisi ini dipercaya telah berlangsung selama berabad-abad.Balimau kasai adalah upacara adat yang dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan dan dilaksanakan sehari sebelum datangnya bulan ramadhan.

Balimau artinya mandi menggunakan limau dan kasai artinya membersihkan diri. Jadi upacara balimau kasai ini bertujuan untuk membersihkan diri.

Latar belakang dari Balimau adalah membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadhan, sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa.

Tradisi yang turun-temurun ini sangat disukai dan digemari masyarakat Minangkabau khususnya remaja dan anak-anak.Dari tahun ke tahun, mandi balimau sudah menjadi tradisi bagi warga Sumatera Barat untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Mandi balimau merupakan tradisi mandi dengan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau. Biasanya dilakukan di sungai atau tempat pemandian.Tata Cara Mandi Balimau :

Membaca bacaan niat Mandi Balimau dan meluruskan hati, bahwa hal ini dilakukan semata-mata memang untuk membersihkan diri dan mensucikan jiwa.Mengguyurkan air yang sebelumnya sudah dicampur dengan jeruk nipis, rempah-rempah dan ramuan bunga ke sekujur badan.

 

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom