Follow Us

header ads

Peduli Kesehatan Prajurit, Rindam XII/Tpr Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan


Singkawang( KALBAR),CR Personel Rindam XII/Tpr melaksanakan pemeriksaan kesehatan periodik secara keseluruhan bertempat di Rumkit Tk. IV, jalan Perwira, Sekip Lama, Kota Singkawang. Pemeriksaan kesehatan berjalan dengan tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan.Singkawang, Rabu (2/6/2021)

Kegiatan tersebut menjadi fokus perhatian Rindam XII/Tpr yang sangat aware terhadap kondisi kesehatan prajuritnya terlebih lagi di masa pandemi Covid – 19. Besar harapan, dengan rutinnya pemeriksaan ini dilaksanakan, maka prajurit Rindam XII/Tpr dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing terutama terkait dengan penyakit Komorbit yang dapat memperparah efek negatif apabila terpapar Covid – 19. 

Dalam pemeriksaan kesehatan rutin tersebut, setiap personel diperiksa satu persatu mulai dari pemeriksaan tekanan darah, gigi, gula darah dan kolesterol, urine, Laboratorium, rekam jantung, THT dan mata. Sebelumnya, masing-masing mengisi formulir kesehatan yang mencantumkan data-data perorangan dan item tes pemeriksaan yang harus dilakukan.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk memantau dan deteksi dini terhadap kondisi kesehatan prajurit Rindam XII/Tpr, agar dalam melaksanakan tugas staf maupun kegiatan operasional pendidikan selalu dalam keadaan sehat, segar dan bugar. Pemeriksaan kesehatan ini juga untuk mendeteksi atau mencegah penyebaran Covid-19 agar prajurit Rindam XII/Tpr benar-benar aman dari paparan Covid-19", tutur Danrindam XII/Tpr, Kolonel Inf Washington Simanjuntak, S. Hub. Int., saat memimpin apel pagi sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.

Dari beberapa pendapat yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan, Katim Gumil Rindam XII/Tpr, Letkol Mahmudin Abdillah  menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan seperti ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri.

"Saya, memang dilihat dari luar atau kasat mata kondisi badan saya sehat tetapi saya belum tahu bagaimana kondisi di dalam tubuh saya, dengan pemeriksaan kesehatan seperti ini saya bisa tahu kondisi kesehatan saya. Hasil dari pemeriksaan kesehatan secara rutin ini menjadi dasar bagi saya untuk melakukan tindakan preventif terhadap kondisi yang tidak diinginkan sehingga pelaksanaan tugas saya sebagai prajurit dapat terlaksana dengan baik pula," ujar Katim Gumil saat ditemui usai pemeriksaan kesehatan.

Di samping itu, dengan pemeriksaan kesehatan ini maka dapat diambil data rekam medic kesehatan perorangan untuk dijadikan bahan laporan satuan ke Komando Atas tentang kondisi kesehatan dari yang bersangkutan apabila terdapat penyakit yang memerlukan perawatan dan tidak dapat melakukan tugas yang berat maka yang bersangkutan dapat diberikan tugas sesuai dengan kondisi kesehatannya, sekaligus untuk mengetahui anggota yang harus dirawat lanjutan.(CR/ Pendim *)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom