SSI-Sumbar Gerakkan Kaum Ibu Untuk Lestarikan Sungai - Cahaya Realita

Breaking

Jumat, 28 Agustus 2020

SSI-Sumbar Gerakkan Kaum Ibu Untuk Lestarikan Sungai


 Padang (SUMBAR).CR-Pertemuan Kepengurusan SSI-Sumatera Barat Dengan Ibu Gubernur Ibu Nevi Zuairina selaku  pelindung dan sekaligus pembina dalam kepengurusan SSI-Sumbar yang dilaksanakan pada  hari  Jumat tanggal 28 Agustus  tahun 2020 di Ruang meeting  kediaman Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Agenda pertemuan diantaranya Penyampaian gambaran umum Srikandi Sungai Indonesia Sumatera Barat, Penyerahan  SK Kepengurusan SSI-Sumatera Barat yang diserahkan oleh Pelindung sekaligus Pembina SSI-Sumatera Barat  Ibu Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Barat ibu Nevi Zuairina yang dilanjutkan dengan pembahasan Rencana Program Kerja Jangka Pendek, Jangka Panjang serta persiapan Pembentukan SSI Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.  oleh Ketua SSI-Sumbar Osronita, M.Pd, yang melibatkan kaum ibu/perempuan disetiap nagari/kelurahan di Sumatera Barat. Pembentukan kepengurusan SSI-Sumatera Barat di tingkat Nagari telah berjalan di beberapa nagari yaitu Kecamatan Palupuah Kabupataen . Agam, Nagari Tambangan Kecamatan X Koto Kab. Tanah Datar, Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok, Nagari Sungai Pisang kab. Pesisir Selatan yang dalam waktu dekat SSI-Sumatera Barat akan melakukan kunjungan ke beberapa Nagari Tersebut.

Sesuai arahan Ibu Gubernur ketua TP.PKK Provinsi agar perempuan-perempuan  sumatera barat benar-benar dapat menjadi pelopor yang mengembangkan kegiatan pelestarian sungai melalui program Konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi kreatif ramah lingkungan. Melibatkan kawan-kawan media sebagai perpanjangan tangan agar informasi terkait  Keberadaan SSI-Sumbar dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Rencana Aksi yang akan dilakukan diantaranya  Sosialisasi dan Edukasi pelestarian Sungai, Gerakan Bersih Sungai, Gerakan Ibu Asuh Peduli Sungai, Sekolah Sungai sebagai wujud Partisipasi Perempuan dalam melestarikan Lingkungan Sungai, Gerakan  Komunitas Perempuan Peduli Sungai, Gerakan Budaya Sungai “Zero Waste”, Gerakan Ekonomi Kreatif Perempuan Peduli Sungai  Berbasis Pariwisata Berkelanjutan. Diharapkan dengan keberadaan SSI-Sumatera Barat lingkungan sungai dapat terjaga kelestariannya dan dapat meningkatkan perekonomian perempuan lingkungan sungai melalui usaha ekonomi kreatif berbasis pariwisata berkelanjutan.SSI-Sumbar_pras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman