HARI PERTAMA PEMBERLAKUAN PSBB DI TANAH DATAR - Cahaya Realita

Breaking

Covid-19

Senin, 04 Mei 2020

HARI PERTAMA PEMBERLAKUAN PSBB DI TANAH DATAR

Tanah Datar - CR (SUMBAR) Hari pertama, Rabu (22/4/2020) kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan, sebanyak 4 posko check point di pintu masuk Kota Batusangkar dijaga oleh petugas gabungan, TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub.
Empat posko itu terletak di simpang Pincuran Tujuh, simpang Bukit Gombak, simpang Ambacang dan simpang gedung Nasional, sedangkan untuk mengontrol masuknya masyarakat dari luar daerah pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah mendirikan 7 posko di pintu masuk daerahnya yakni di Puncak Alai Tanjung Alam, Pasar Barulak Tanjung Alam, Jembatan Timbang Sitangkai Lintau, Pos Lantas Ombilin, Depan Polsek Padang Gantiang,Pauh Tinggi Lintau dan Jembatan Timbang Kubu Karambia yang dijaga ketat oleh petugas lengkap degan pendeteksi suhu.
Pemberlakuan PSBB ini berdasarkan pada instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 360/051/Covid-19-SBR/IV-2020 yang diterapkan selama 14 hari ke depan dengan meliburkan sekolah, meliburkan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan ditempat umum, pembatasan kegiatan sosial budaya serta pembatasan moda transportasi.
Pada hari pertama ini, petugas posko check point mensosialisakan kepada masyarakat terkait peraturan pemberlakuan PSBB dengan menghentikan setiap kendaraan menuju pusat kota Batusangkar hingga pemeriksaan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker apakah digunakan masyarakat atau tidak.
"Hari pertama penerapannya, petugas memastikan masyarakat untuk memakai masker jika beraktivitas diluar rumah, bila tidak digunakan disarankan untuk balik arah, tentu dengan cara yang humanis," ujar koordinator pengamanan Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Tanah Datar Yusnen.
Yusnen mengatakan setiap petugas mensosialisasikan peraturan pelaksanaan PSBB semata-mata untuk memutus penularan covid-19, kerjasama masyarakat pun diminta untuk mematuhi segala peraturan dan ketentuannya demi suksesnya PSBB di Kabupaten Tanah Datar.
"Kita berharap masyarakat mengerti kondisi darurat kesehatan yang dialami saat ini, maka dari itu kerjasama masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan PSBB dengan mematuhi semua peraturan dan ketentuannya," ujar Yusnen.
Di malam harinya petugas gabungan TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dishub juga akan melaksanakan patroli dimulai dari pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB, "Patroli malam juga kita berlakukan selama PSBB, selain itu bersama Dinas Koperindag Tanah Datar kita laksanakan edukasi ke pasar-pasar," ujar Yusnen dalam apel gabungan petugas posko check point didampingi Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar, Pasi Ops Kodim 0307/TD Kapten Kav. Hendra, dan Kabag Ops Polres Tanah Datar Ischak. (Humas/Fe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman