DENGAN BERBAGAI UPAYA PEMKAB TANAH DATAR GENCAR PUTUS MATA RANTAI COVID-19 - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 11 April 2020

DENGAN BERBAGAI UPAYA PEMKAB TANAH DATAR GENCAR PUTUS MATA RANTAI COVID-19

Tanah Datar (SUMBAR) – CR  nya penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di berbagai Daerah membuat pemerintah Kabupaten Tanah Datar berjuang melawan penyebaran virus tersebut agar masyarakat tidak terjangkit covid-19 yang sampai saat sekarang ini belum di temukan obat nya. Saptu (11/04)

Langkah-langkah pencegahan terus di lakukan oleh Pemkab Tanah Datar yang terus bekerja sama dengan Forkopimda dan seluruh komponen untuk menekan masuknya covid-19 ke Tanah Datar, upaya tersebut sudah di mulai dengan pembentukan Gugus Tugas yang langsung di komandoi oleh Bupati Irdinansyah Tarmisi beserta wakil Bupati Zuldafri darma.

Tidak hanya sampai di situ, gencarnya pemka melawan covid-19 ini juga di serukan untuk seluruh masyarakat dengan mengeluarkan himbauan atau surat edaran berupa instruksi Bupati tentang pembatasan aktifitas masyarakat di luar rumah serta larangan operasional Warung Intenet (warnet) untuk sementara waktu, tidak lupa pula pemkab beserta seluruh jajaran juga megingatkan kepada masyarakat melalui surat edaran tersebut untuk selalu menanamka pola hidup bersih. Himbauan tersebut juga tidak luput untuk para siswa maupun mahasiswa yang sementara waktu belajar di rumah hingga situasi di nyatakan kondusif.
Pemkab Tanah Datar juga melakukan penyemprotan disinvektan di beberapa wilayah dan juga adanya partisipasi masyrakat yang ikut serta melakukan penyemprotan disinvektan di wilayah tempat tinggal masing-masing, selain itu Pemkab juga sudah menganggarkan dana awal sebesar 7 Milyar untuk penanganan covid-19 ini yang di ambil dari dana BTT, serta untuk masyrakat yang terdampak juga akan ada anggara tambahan untuk di berikan kepada masyrakat berupa bantuan beras.

Untuk memutus mata rantai Covid-19 ini Pemkab juga sudah menyediakan rumah karantina yang terpusat di daerah Baso dan juga di sediakan test Swap bagi orang dalam pengawasan (ODP). Upaya pemkab dalam hal ini juga memberikan himbauan agar para perantau yang baru saja sampai di kampung halaman untuk dapat melaporkan diri mereka ke Wali Jorong dan Wali Nagari.  Dan untuk yang megalami gejala Inveksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), deman, batuk terus menerus, sakit tenggorokan untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat dan juga untuk antisipasi dini para perantau yang baru datang untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari
.
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam hal ini juga menyampaikan “mari kita tebarkan optimisme dan disiplin serta patuh terhadap himbauan pemerintah, agar kita bisa bersama-samsa melawan dan memutus mata rantai covid-19 ini, bersama kita akan mampu melaluinya” ujar beliau.
Untuk kegiatan Bupati sendiri Irdinansya tarmizi berbagi tugas dengan wakilnya Zuldafri Darma yang mana irdinansyah memimpin rapat dan ikut telekonferen bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada hari Kamis 9 April 2020, sedangkan wakil bupati Zuldafri Darma terjun langsung ke pasar Batusangkar untuk memberikan edukasi dan membagikan masker kepada pengunjung dan juga pedagang yang ada di pasar Batusangkar. (FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman