Unitas Padang Menuju Kampus Asean Entrepreneural University - Cahaya Realita

Breaking

Covid-19

Minggu, 01 Maret 2020

Unitas Padang Menuju Kampus Asean Entrepreneural University

CAHAYAREALITA.com - Universitas Tamansiswa Padang terus berupaya mewujudkan diri sebagai Kampus Asean Entrepreneural University. Jalinan kerjasama dengan berbagai pihak semakin digencarkan. Kuliah umum dengan mendatangkan tokoh-tokoh hebat di Sumbar dan nasional juga rutin dilaksanakan. 

"Kami perkuat kerjasama, baik dengan pemerintah, swasta, lembaga bisnis, lembaga nirlaba dan perguruan tinggi baik di Indonesia maupun Internasional. Itu semua merupakan agenda utama yang akan dikerjakan secara berkelanjutan untuk kemajuan Unitas Padang," sebut Rektor Universitas Tamansiswa Padang, Sepris Yonaldi. SE, MM, Sabtu (29/2).

Hal ini disampaikannya,  usai  kuliah umum dengan tema Wujudkan Wirausahaan Muda Cerdas dan Berbudaya yang diberikan H.  Boy Lestari Ketua Gebu Minang Sumbar dan Prof.Dr.Sufyarma Marsidin, M. Pd Ketua PD Tarbiyah Perti Sumbar kepada puluhan mahasiswa dari berbagai program studi di Unitas Padang.

Dengan adanya kegiatan kuliah umuam ini akan memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa sebagai seorang wirausahawan. Diharapkan lulusan yang dihasilkan Unitas Padang memiliki skill dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan kerja,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, visi misi Unitas Padang merupakan bentuk respon terhadap kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tentang kampus merdeka dan merdeka belajar. Untuk mencetak pemimpin masa depan, menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. 

Kampus Merdeka merupakan kemerdekaan mahasiswa untuk melakukan berbagai macam hal di luar prodi diluar kelas, diluar kampus. Kegiatan dua semester di luar kelas seperti magang atau kerja praktik dan juga mengajar di salah satu sekolah di daerah terpencil. Selain juga melakukan riset dengan Dosen ataupun membantu Mahasiswa S-2 atau S-3 melakukan penelitian. 

“Sejalan dengan program kampus merdeka, Unitas Padang terus mengajarkan nilai-nilai sosial membentuk generasi yang penuh kreatifitas dalam berwira usaha dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Ini sesuai dengan Visi Unitas Padang, Asean Entrepreneurial  University,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, saat ini Universitas Tamansiswa Padang memiliki tiga fakultas dan 10 program studi. Unitas Padang juga memberikan kesempatan pendidikan khususnya bagi putra-putri Sumatera Barat dan di indosesia dengan banyak program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. 

“Tamansiswa melahirkan tujuan pendidikan memajukan bangsa secara keseluruhan tanpa harus membedakan dari sisi agama, suku, budaya, adat, kebiasaan, etnis, status sosial, status ekonomi dan lainnya. Tamansiswa dengan Trisentra Pendidikannya. Trisentra, belajar itu dapat dilakukan dimanapun, ada tiga sentra atau tiga tempat untuk melaksanakan pendidikan yaitu Alam Keluarga, Alam Perguruan (dalam hal ini adalah bangku sekolah) dan Alam Pramuka (dalam hal ini adalah pengalaman diluar sekolah),” bebernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman