H Boy Lestari Dianugerahkan Gelar Kehormatan - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 01 Maret 2020

H Boy Lestari Dianugerahkan Gelar Kehormatan

Padang ( SUMBAR),CR-Universitas Tamansiswa Padang ,Kuliah Umum yang dilaksanakan diruang sidang Haryono Suyono dengan mengusung tema "Wirausahawan Muda Cerdas dan Berbudaya " dengan dua Narasumber H. Boy Lestari Datuk Palindih dan Prof. Dr. Sufyarma Marsudin. M.Pd. 29 Februari 2020.

Dalam kesempatan tersebut, H.Boy Lestari Dt Palindih dianugerahkan Gelar Kehormatan “Ki” oleh Universitas Tamansiswa Padang, Sabtu (29/2). Ini bentuk penghargaan kepada H. Boy Lestari yang diangkat menjadi Dewan Penyantun Unitas Padang. 

Pemberian Gelar “Ki” ditandai dengan pemasangan Pin oleh Ketua Yayasan Tamansiswa Ki. H. Irwandi Yusuf dan didampingi oleh Rektor Unitas Padang Ki. Sepris Yonaldi, SE, MM.  Gelar “Ki” adalah gelar kehormatan keluarga Tamansiswa.

Gelar “Ki”  sebutan untuk seorang lelaki pada umumnya diberikan kepada pendidik,  yang mengajarkan semangat kebersamaan, mengajarkan semangat berjuang,  untuk memperjuangkan nilai-nilai pembelajaran agar mampu dan giat  melakukan hal-hal baru, menanamkan nilai-nilai kecintaan kepada budaya  dan kebangsaan.

“Sesuai dengan semboyan Ki Hajar Dewantara Ing Madyo Magun Karso (Di tengah memberikan Semangat), Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi dorongan), Ing Ngarso Sung Tulodo (Di depan memberi Contoh), Ki H Boy Lestari Dt. Palindih dipercayakan telah  menjalankan semboyan tersebut,” terang  Ketua Yayasan Tamansiswa Ki. H. Irwandi Yusuf.

Kuliah Umum Tentang Berwirausaha

Dalam kuliah umum bersama Prof.Dr.Sufyarma Marsidin, M. Pd (Ketua PD Tarbiyah Perti Sumbar), H Boy Lestari Dt Palindih,  Ketua Gebu Minang Sumbar ini berbagi rahasia menjadi wirausahawan muda, cerdas dan berbudaya.

“Kalau ingin sukses berwirausaha, ada yang harus dipegang. Jujur akan diri sendiri, jujur dengan mitra, berusaha sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki,  libatkan Allah dalam berusaha, buat usaha yang belum dibuat orang, performa, dan harus bisa membangun jaringan,” jelas H. Boy Lestari kepada peserta kuliah umum yang memadati salah satu Aula Unitas Padang tersebut.

Dalam kesempatan itu, H Boy Lestari menceritakan perjalanan hidupnya hingga sukses berwirausaha. Tak hanya advertising, pemilik biro perjalanan, hotel dan banyak lainnya. Ia memulai menjadi wirausaha berangakat dari nol. Orangtuanya juga tidak pejabat, tidak pengusaha, hanya petani di kampung di salah satu daerah di Tarusan Kamang, Kabupaten Agam.

“Saya pernah menjual koran, menjual es lilin,  menjual kue berkelilng,  menjadi kenek,  menjadi tukang angkat barang, bahkan menjadi pencari kayu bakar di hutan, menerima upah ke sawah. Namun dengan semangat, dan keberanian serta atas izin Allah dan orangtua kini saya menikmati hasilnya,” jelas pria yang banyak balihonya tersebar diberbagaia daerah di Sumbar tersebut. 

Sementara Prof.Dr.Sufyarma Marsidin, M. Pd memberikan kuliah umum tentang pendidikan kewiraushaan. Ia menyampaikan, wirausahaan adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk memulai usaha dalam berbagai kesempatan.

“Percaya diri,  berorentasi tugas dan hasil,  berani mengambil resiko,  kepemimpinan yang profesional, keorisinal kegiatan,  berorentasi kepada masa depan,  mengambil keputusan dengan perhitungan,  tidak menunda pekerjaan,  memikiki rasa tanggung jawab,” terangnya.

Menurutnya, jika ingin sukses berwirausaha maka cintai terhadap pekerjaan yang digeluti,  memperhatikan setiap faktor yang mempengaruhi usaha,  bertangggungjawab tehadap nasip dan tujuan yang dicapai, dan  tidak menjadikan uang sebagai tujuan.(mul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman