Venus Roadshow Campus " Ciptakan Lingkungan bersih dari Sampah - Cahaya Realita

Breaking

Rabu, 19 Februari 2020

Venus Roadshow Campus " Ciptakan Lingkungan bersih dari Sampah

Padang(SUMBAR),CR- Bagi sebagian orang, sampah mungkin dipandang hal biasa dan tidak dipedulikan. Namun, yang jadi masalah adalah ketika sampah tersebut dibuang sembarangan oleh seseorang, baik di jalan umum, sarana dan prasarana umum, maupun di aliran sungai. Akibatnya, terjadi penumpukan sampah di beberapa titik, bila diumpamakan suatu penyakit, mungkin sudah sampai tingkat stadium empat. 

Bila masalah sampah dibiarkan maka sudah pasti keseimbangan alam terganggu. Bisa dibuktikan sekarang ini, banjir di mana-mana, banyaknya penyakit yang timbul akibat banjir, bau yang menyengat, tanah longsor, bahkan polusi udara. Ketika banjir datang, masyarakat pun sudah tidak takut lagi, justru sudah berteman dengan banjir. Polemik yang berkepanjangan ini masih menjadi daftar pemerintah untuk diselesaikan. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat di semua lapisan, dirasa perlu untuk menciptakan alam yang bersih dari sampah.

"Apa yang sudah kita perbuat untukk alam dan lingkungan dimana kita berada ? sementara kita sudah ngambil banyak memanfaat untuk memenuhi hajat hidup  kita dengan gratis dari alam ini" tegas Ir. Sugiono dari Lembaga Sosisl masyarakat Sahabat Alam. dalam acara Venus Gowa To Campus di Universitas Tamansiswa Padang, Selasa 02/18.

Manusia merupakan Kelompok makhluk hidup penghasil sampah terbesar adalah. Mulai dari bangun tidur, bahkan sedari dari bayi sampai kita mau masuk ke dalam kubur tetap menghasilkan sampah baik itu sampah organik ataupun sampah non organik. Oleh sebab itu perlu kesadaran dari diri sendiri untuk bijak mengelola sampah dan menyayangi bumi sehingga tercipta hubungan timbal balik antara alam dan penghuninya.

" sebagai Mahasiswa yang akan menjadi agen perubahan, Ayo kita harus mulai dari hari ini untuk sosialisasika dan cinta alam ini dengan bijak mengelola sampah, jadikanlah Universitas Tamansiswa Padang sebagai Green kampus" tegas Sugiono.

Mahasiswa merupakan generasi muda yang paling berperan besar terhadap perubahan suatu lingkungan, bahkan suatu negara. Mahasiswa sebagai seorang ‘siswa’ dalam tingkatan tertinggi dalam pendidikan ini,memiliki kemampuan dapat mengukur antara baik-buruknya tindakan, berpikir kritis , bertindak konkret dan selalu dipantau dan dicontoh oleh masyarakat.

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang dapat membawa perubahan dan dicontoh masyarakat. Mahasiswa harus menjadi pelopor dalam membawa perubahan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal yang lebih baik , bahkan berdampak pada negara agar lebih baik dan dapat menjadi contoh, dapat dimulai dengan satu hal kecil tetapi dapat berdampak besar,yaitu hidup bersih dari sampah.

Karena itu, mulailah dengan membuat perubahan dari diri sendiri, yang terkadang tanpa kita sadari banyak orang disekitar yang memperhatikan apa yang kita lakukan. Baru Kemudian lakukan pendekatan secara perlahan agar orang-orang disekitar mau ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini memang tidak mudah, tetapi kita dapat memberikan pemahaman- pemahaman yang bisa merubah cara berpikir orang-orang disekitar kita. Terang Rektor Universitas Tamansiswa Padang. Sefris Yonaldi, dalam sambutanya. (Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman