Pembekalan dan Pelepasan magang fakultas pertanian Unitas Padang - Cahaya Realita

Breaking

Covid-19

Jumat, 17 Januari 2020

Pembekalan dan Pelepasan magang fakultas pertanian Unitas Padang

CAHAYAREALITA.com - "Magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing). Untuk memasukidunia kerja yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, maka mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual yang didapat dari kampus saja, maka kegiatan magang ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan yang luas serta keahlian dan keterampilan dalam praktek nyata di lapangan. Terlebih dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Disampaikan Ir. Dodi Mulyadi kepada wartawan usai menjadi Nara sumber pada pembukaan pembekalan magang Tahun Akademik 2020 /2021 di ruangan haryono Suyono (17/01/2020).

Dr. Jamilah, MP membuka acara tersebut sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta pembekalan, Dr. Jamilah dalam arahannya memyampaikan bahwa memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif sekarang ini, mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual yang didapat dari kampus semata, akan tetapi mahasiswa juga harus mempunyai kemampuan Skill, yaitu keterampilan atau keahlian khusus sehingga mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang lain. Attitude yaitu sikap atau kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehigga dapat diteladani sekaligus disegani.

Magang diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh tambahan knowledge, Skill dan Attitude yang lebih komprehensif, sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional, dan berwawasan luas.

Dr. Jamilah menegaskan bagi peserta magang diperkebunan, jangan hanya sekedar minta dapat nilai bagus, lebih jauh dr. Jamilah bergarap Bagaimana mahasiswa bisa menjual potensi diri mahasiswa sehingga mendapat nilai plus yang akan membawa nama baik bagi Unitas Padang.

"Setelah usai magang jangan hanya bisa membuat kopi dan mengetik surat, saya berharap banyak hal yang positif didapatkan oleh mahasiswa"Tukas Dr.  Jamilah, MP yang dilanjutkan membuka Acara pembekalan dan pelepasan Magang.

Ketua Panitia  dalam sambutannya menyampaikan program yang diikuti sebanyak 45 mahasiswa dari program studi Agroteknologi dan Agribisnis ke  beberapa instansi dan Perusahaan yaitu BPTP Sumatera Barat, PT. PN VI, Unita Sumatera Barat, BPTBT, PT. Kencana Sawit Indonesia atau Wilmar Group, PT. Tidar Kerinci Agung, Dinar Peternakan dan Perkebunan Pematang Kandis Jambi, PT. Mutiara Agam, Sumbar, Dinas Perkebunan, Pasaman Sumbar,  PT. Pasaman Marama Sejahtera,  PT. Serambi Milk, Kota Padang, PT. Transmart, kota Padang dan PT. Austindo Nusantara Jaya Agri, Sumbar.

Ketua Panitia sekaligus Kaprodi Agribisnis Syahrial, SP. M.Si,  Menyampaikan kepada peserta bisa melakukan pendekatan secara langsung sesuai dengan bidang keahliannya serta ikut berperan aktif dalam dunia kerja yang sesungguhnya, maka Magang diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya baik teori maupun praktek yang telah diperoleh saat kuliah dalam praktek nyata di lapangan.

Di samping itu magang merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang.

Acara tersebut Juga dihadiri Oleh 2 Narasumber Ir. Doddy Widyananda dan Dr. Milda Ernita MP Wakil Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang.(Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman