NAGARI GUGUAK MALALO BERIKAN PENDIDIKAN ADAIK SALINGKA NAGARI - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 27 Oktober 2019

NAGARI GUGUAK MALALO BERIKAN PENDIDIKAN ADAIK SALINGKA NAGARI


Tanah Datar – CR (SUMBAR) Kurang nya pengetahuan tentang Adat Istiadat Minang Kabau pada kaum Millenial membuat perangkat Nagari Malalo kembali mengencarkan pelajaran tentang adat istiadat ini, dengan memulai memberikan Mata pelajaran Adaik Salingka Nagari Kepada Siswa-Siswi kelas 5 himgga kelas 6 Sekolah Dasar se nagari Malalo yang sudah mulai dilaksanakan dari tanggal 14 September 2019 lau. 

Pendidikan tentang Adaik Salingka Nagari ini di susun oleh Lembaga Kerapsatan Adat Nagari dengan materi pelajaran yang sudah disusun silabusnya secara bersama dan di terbitkan dalam bentuk modul.

Semetara itu Wali Nagari Guguak Malalo Mulyadi mengatakan “materi ini sudah menjadi mata pelajaran tambahan di seluruh SD yang ada di malalo ini. Dan pelajaran tentang adat ini di berikan setiap hari saptu selama 1 semester kedepan, dan Alhamdulillah ini sudah masuk pertemuan ke 6, kita lihat pun antusias siswa dalam menenerima pelajaran tersebut cukup baik” ujarnya.

Senada dengan  Ketua KAN Nagari Guguak Malalo M. Dt Maliputi juga meyampaikan “kita menyusu instruktur dari Niniak Mamak dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang di anggap mempunyai kemampuan untuk dapat sebaik mungkin menyampaikan pelajaran Adaik ini. Silabus kita susun berdasarkan rumusa Adaik Salingka Nagari Guguak Malalo yang sudah di buku kan.” Sampai beliau.

Masnaidi.B, S.Kom, M.A.P Ketua BPRN Guguk Malalo juga menyapaikan tentang Pendidikan  Adaik Salingka Nagari bagi siswa SD ini merupakan program pemberdayaan yang di himpun dari aspirasi masyarakat terutama pihak sekolah tentang kondisi pengetahuan dan prilaku anak saat ini. Program ini diharapkan mampu membentuk jati diri anak Nagari berlandaskan Adaik Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah  (ABS SBK) sehingga mampu menghadapi revolusi industri 4.0 dengan bijak. (FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman