HASIL SURVEY LIBERTE INSTITUTE IRDINANSYAH TARMIZI MASIH JADI PILIHAN - Cahaya Realita

Breaking

Jumat, 25 Oktober 2019

HASIL SURVEY LIBERTE INSTITUTE IRDINANSYAH TARMIZI MASIH JADI PILIHAN


Tanah Datar – CR (SUMBAR)  Berdasarkan survey yang dilakukan Liberte Istitute yang di lakukan mulai tanggal 4 – 8 Oktober 2019 memperlihatka hasil dimana Irdinansyah Tarmizi mendapatksan sebanyak 53% peluang sebagai kandidat di pemilihan bupati Tanah datar, sedangkan Betty Shadiq pasadigoe mendapatkan peluang sebagai kandidat sebesar 20,1% dan Zuldafri Darma 17,7. 

Hasil survey ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Liberte Institute Indrayadi, M.Si. pada acara Rilis Hasil Survey Pra-Pilkada Kabupaten Tanah Datar dan Diskusi Publik Mencari Pemimpin Tanah Datar 2020-2025 bersama Irwan Malin Basa, M. Pd dengan Moderator Leo Candra Putra, SE, di Aula Hotel Pagaruyung Batusangkar Sumatera Barat, pada hari Sabtu (19/10/2019).

Hasil survey yang di keluarkan memrupakan hasil dari tatap muka langsung dengan 400 responden dan dengan Margin Of Error sebesar 4,9% kemudia tinggkat kepercayaan dari survey tersebut berada di 95%. Selain itu metode yang di gunakan dalam tatap muka dengan responden ini adalah metodelogi, melalui kuisioner yang di ambil dari semua Nagari di yang ada di Tanah Datar.

Menurut beliau, Validasi data di lakukan dengan membandingkan karakteristik demografis dari sampel yang di peroleh dari survey dengan populasi yang diperoleh melalui riset dan data BPS serta DPT Pemilu 2019, surveyor yang dikontrol secara sistematis oleh tim Liberte yang di cek ulang total 30% dari respon masuk dari masyarakat Tanah Datar.

Kemudia hasil survey yang di paparkan lainnya berdasarkan tingkat popularitas dari 3 kandidat yang memiliki hasil persentase terbanyak, dan lagi-lagi nama Irdinansyah Tarmizi berada di tingkat paling atas dengan persetase 96%,  di susul oleh Zuldafri Darma 81% dan Betty Shadiq dengan persetase 76,9%

Dari respon yang masuk menurut Indrayadi nama lima tokoh yang berkemungkinan maju sebagai Bupati Tanah Datar periode 2020-2025 yaitu Irdinansyah Tarmizi 53%, Betty Shadig sebanyak 20,1%, Zuldafri Darma sebanyak 17,7% Arkadius Intan Bano 8,0 dan Febby Datuak Bangso 1,2%.

Sementara itu menurut salah satu Narasumber lain nya Irwa Malin Basa Politik Indentitas dan bahasa bisa merubah hasil persentase yang sudah ada, selain itu Politik identitas, kelompok, etnis, suku, dan budaya juga berperan besar berubah nya pilihan masyarakat. Dan untuk Tanah Datar sendiri ada sebanyak 59,7% perubahan pada pemilihan awal. (M/FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman