GELAR ACARA BERTAJUK "TANTANGAN DAN PELUANG G-Z" ALUMNI SMAN 1 DAN OSIS PADANG HARAPKAN GENERASI LUARBIASA - Cahaya Realita

Breaking

Rabu, 23 Oktober 2019

GELAR ACARA BERTAJUK "TANTANGAN DAN PELUANG G-Z" ALUMNI SMAN 1 DAN OSIS PADANG HARAPKAN GENERASI LUARBIASA


Padang - CR (SUMBAR) Gen Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan 2010 bersamaan dengan perkembangan teknologi internet, dimana dimana teknologi merupakan bagian yang terpisahkan dari kehidupan mereka sehari-hari. Generasi ini terlahir dengan kemahiran dalam berkomunikasi secara elektronik. Pada saat mereka hadir dan mempersiapkan masa depan, mereka juga sedang menghadapi perkembangan sains dan teknologi yang luar biasa, globalisasi industri yang merambah berbagai sektor dan arus migrasi penduduk yang datang dengan membawa  teknologi baru.

Berpijak pada hal itu maka untuk menghadapi Generasi Z yang akan bersaing dan berkompetisi di era global dalam dunia pekerjaan.  Ikatan Alumni Angkatan 1993 dan OSIS SMAN 1 Padang mengelar Orientasi Dunia Profesi Masa Depan dengan judul "Tantangan dan Peluang Gen-Z" yang di rencanakan akan digelar Sabtu (26/10), bertempat di Gedung olahraga SMA 1 Padang, Jalan Belanti Raya No 11, Lolong Belanti, Padang Utara, Sumbar.

Dikatakan Ketua Panitia Pengarah Iqbal Elyazar, PhD bahwa hanya individu yang cermat, cerdas dan strategis dalam melihat peluang dan mempersiapkan diri akan mampu beradaptasi dalam persaingan tersebut. 

"Saat ini Alumni SMA 1 Padang yang sedang menggeluti berbagai profesi dan industri perlu memberikan visi, pandangan dan pengalaman tentang dunia industri dan profesinya tentang masa sekarang dan masa yang akan datang bagi para generasi muda, "ujar Iqbal Rabu, (23/10)

Secara umum, diungkapkan Iqbal, Gen-Z dan orang tua mereka perlu diperkenalkan lebih awal mengenai seluk-beluk dunia profesi. Mereka lah yang akan terlibat dalam memilih perguruan tinggi, persiapan biaya, dan jenis pekerjaan. Oleh karena itu mereka harus berfikir dan strategis dalam memilih jurusan, dan jenis profesi yang akan digeluti dalam 5-10 tahun ke depan.

"Kami berharap bahwa Generasi Z dan orang tua akan mendapatkan informasi serta panduan lebih dini tentang variasi bidang profesi, keahlian yang dibutuhkan, peluang dan tantangan masa depan. Diharapkan mereka pada akhirnya punya waktu yang cukup banyak untuk bersama-sama merencanakan masa depan Gen Z, "sampainya.

Dijelaskan Iqbal bahwa acara tersebut berbentuk talkshow dimana ada 6 orang dengan profesi sebagai penerbang, dokter, teknik sipil, akuntan, bisnis, dan statistisik.

"Seua Alumni SMA 1 Padang, mereka sudah bekerja di bidangnya minimal 20 tahun. Mereka akan berusaha menggambarkan tentang profesi mereka, apa tantangan dan peluangnya, serta apa yang harus dipersiapkan jika memilih profesi itu. Harapan kami adalah siswa dan para orang tua memaksimalkan kesempatan ini dengan bertanya apa saja yang ingin diketahui karena kesempatan ini tidak setiap saat tersedia, "tuturnya.

Lanjutnya, selain pembicara panitia juga mengundang, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan alasan karena ia adalah sosok yang kompeten untuk menjelaskan apa yang menjadi kebutuhan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi tantangan kebencanaan. 

"Indonesia adalah negeri yang akrab dengan bencana. Oleh karena pastilah ada kebutuhan terhadap keahlian tertentu untuk beradaptasi dengan masalah ini. Targetnya Kehadiran kakak-kakak alumni Smansa diharapkan bisa menjadi tempat bertanya dan berdiskusi. Acara ini diperuntukkan untuk generasi muda yang sedang di sekolah menengah atas se kota Padang, yang tertarik untuk ingin tahu lebih banyak. Orang tua pun silahkan datang jika mereka perlu informasi tentang profesi tertentu, " sampainya. 

Terpisah Ir Riky Aditya Nazir, MT, yang merupakan Ketua Ikatan Alumni SMA 1 Padang Angkatan 1993 menyatakan bahwa Acara Orientasi Dunia Profesi ini adalah salah satu program Ikatan Alumni SMA 1 Padang Angkatan 93 dalam rangka menjadikan Ikatan Alumni menjadi Mitra Strategis bagi Almamater dalam rangka kemajuan almamater di tingkat Nasional. 

"Hal ini sesuai dengan Visi Ikatan Alumni SMA 1 Padang Angkatan 93 Mensinergikan segenap potensi Alumni Smansa Padang 93 untuk kemajuan Alamamater SMA Negeri 1 Padang khususnya dan masyarakat Kota Padang umumnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu adik-adik kami di SMA Negeri 1 Padang untuk menentukan langkah mereka selanjutnya untuk masa depan yang lebih baik demi bangsa dan negara dan kota padang khususnya, " kata Riky.

Ia berharap semoga kolaborasi antara Ikatan Alumni SMA 1 Padang Angkatan 93 dengan almamaternya SMA Negeri 1 Padang, akan bermanfaat untuk adik-adik di SMA Negeri 1 Padang.

"Kegiatan ini baru langkah awal kita bersama yang nantinya akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan di Kota Padang. Atas nama Ketua IA-SMANSA Padang Angkatan 93 kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayahnya untuk kita semua. Aamiin ya rabbalallamiin, Wassalam Ketua IA-SMANSA 93 Padang, ”tutupnya.(rmo/FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman