SAMBANGI PERGURUAN SILEK TANJUANG BONAY AKBP. BAYUAJI HARAPKAN PEMUDA LESTARIKAN WARISAN BUDAYA - Cahaya Realita

Breaking

Kamis, 29 Agustus 2019

SAMBANGI PERGURUAN SILEK TANJUANG BONAY AKBP. BAYUAJI HARAPKAN PEMUDA LESTARIKAN WARISAN BUDAYA


TANAH DATAR - CR (SUMBAR) Kapolres Tanah Datar, Sumatera Barat , AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH, Rabu (28/8) melakukan kunjungan silahturrahminya di Tanjuang Bonai, dengan perguruan silat se-Kecamatan Lintau Buo Utara Tanah Datar. Dalam giat itu Kapolres disuguhkan atraksi memukau dari 7 perguruan silat yang ada di daerah itu. Bertempat disalah satu lapangan Volly Nagari Tanjuang Bonai Atraksi Silat dari para "Pandeka-pandeka mudo" (red*pendekar muda) dan tuo-tuo (guru tua) Lintau Buo Utara dengan berbagai jurus dan gerak langkah perguruan yang memiliki ciri khas masing-masing mengisi agenda acara malam.

Mengambil Motto :"Dengan Pencak Silat kita jadikan wadah prestasi generasi muda". Kapolres pada kesempatan itu menyampaikan pesan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, kepada para generasi muda penerus bangsa untuk mengisi hari-harinya dengan kegiatan positif dan bermanfaat, agar kelak menjadi generasi yang berguna bagi keluarga, agama, masyarakat, bangsa dan negara.

"Generasi muda adalah harapan bangsa. Untuk itu kami menghimbau kepada adik-adik kejarlah prestasi dalam segala bidang. Jika itu dalam bidang beladiri maka teruslah latihan dan raih prestasi setinggi-tingginya. Silat Minang sangat terkenal, teruslah berkarya dengan beladiri yang saat ini ditekuni adik-adik semua. Kegiatan-kegiatan positif seperti Pencak silat, olahraga, dan lain sebagainya dapat menjauhi generasi muda dari bentuk-bentuk kriminalitas yang saat ini marak, seperti penyalahgunaan narkoba, pencurian, pekat (penyakit masyarakat) dan tindakan yang mengarah keperbuatan Asusila, " sampai AKBP. Bayuaji saat memberikan sambutan malam itu.

Kapolres mengharapkan, Pencak Silat yang berasal dari Lintau ini dapat dilestarikan sebagai sebuah warisan budaya Minangkabau. Kegiatan seperti ini selain untuk mewariskan seni beladiri kepada generasi muda, juga agar tidak hilang tergerus zaman, serta dapat mempererat silahturrahmi para tuo-tuo silat di Lintau khususnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Nagari Tanjuang Bonai Lutfi, Spd menyatakan apresiasinya atas terselenggara acara yang digagas oleh Kapolres bersama para Tuo Silek se-kecamatan Lintau Buo Utara di nagarinya.

"Kami bangga dan merasa bahagia dengan kedatangan Bapak Kapolres ke tempat kami. Terimakasih juga kami sampaikan kepada forkopimca yang telah mensupport hingga terselenggara kegiatan sederhana ini. Dengan segala kerendahan hati perkenankan kami dari 7 perguruan silat di Lintau Buo Utara menampilkan atraksi silat kepada bapak ibu dan semua yang dihadir, "ucap Lutfi yang dilanjutkan dengan gelaran atraksi para pendeka Mudo Lintau Buo Utara.

Riuh rendah tepuk tangan para penonton yang hadir saat para pendekar muda menampilkan atraksi silat terbaik mereka. Yang tak kalah menarik perhatian para tamu tampak malam itu, saat aksi silat Bundo Kanduang diperagakan oleh Pandeka Gadih (Pendekar wanita) se kecamatan LIntau Buo Utara.

Hadir pada gelaran tersebut Kapolsek Lintau Buo Utara Iptu. Surya Wahyudi, SH, Camat Lintau Buo utara Zulkifli, Ketua BPRN, Ketua KAN, Ninik mamak, Alim ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, dan Pemuda-pemudi Nagari Tanjuang Bonai dan undangan lainnya. (FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman