DALAM RANGKA HUT RI KE 74 BUPATI TANAH DATAR BERIKAN REMISI KEPADA 57 NARAPIDANA - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 18 Agustus 2019

DALAM RANGKA HUT RI KE 74 BUPATI TANAH DATAR BERIKAN REMISI KEPADA 57 NARAPIDANA


Tanah Datar - CR (SUMBAR) Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia sebanyak 57 orang narapidana dan anak terima remisi,
Pemberian remisi diserahkan langsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi  Kepala Rutan Klas II B Batusangkar Wiwid Feryanto R. Sabtu (17/8).

Dalam sambutan nya Bupati Tanah Datar Menyampaikan " pemberian remisi berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 tentang Remisi (Pengurangan pidana). Untuk itu pada peringatan Hut kemerdekaan RI ke 74 sebanyak 57 orang napi dan anak mendapatkan remisi." Sampai nya.

"Pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan yang telah berhasil menunjukkan perubahan prilaku," sambung beliau.

Melalui pemberian remisi bupati harapkan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum/norma yang ada.

Sehubungan dengan kondisi rutan Batusangkar saat ini Bupati katakan,  Pemkab bersama DPRD Tanah Datar telah menyiapkan tiga titik lokasi untuk dijadikan pembangun lapas yang baru, semua tinggal menunggu persetujuan dari tim Kemenkumham untuk lokasi mana yang layak.

"Pemkab sedang berusaha membebaskan tanah pada 3 lokasi yang berbeda, mari nanti kita sama-sama melihat lokasi yang cocok untuk pembangunan Rutan,” kata Bupati lagi.

Sementara Kepala Rutan Batusangkar Wiwid Feryanto sampaikan kondisi terakhir di Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB Batusangkar hingga sekarang masih over kapasitas.

“Kita memiliki warga binaan sampai hari sejumlah 115 orang, sementara kapasitas rutan hanya sekitar 35 orang,” kata  Wiwid 

Kepala Rutan mengakui, jumkah kasus kriminal yang membutuhkan Rutan Batusangkar cukup banyak sekali mencapai 505 orang, namun yang bisa ditampung hanya 115 orang, itupun sudah dalam over capasitas (kelebihan kapasitas). Sisanya sekitar 390 orang terpaksa dipindahkan ke Rutan sekitar Kabupaten Tanah Datar.

Wiwid menjelaskan, bangunan yang sudah tua ini memiliki 8 kamar untuk pria dan 1 kamar  untuk wanita. Dari 9 kamar tersebut hanya 1 kamar yang memiliki WC, selebihnya harus antri di WC umum yang berjumlah 3 kamar. 

Lebih lanjut Wiwid menjelaskan, warga binaan yang mendapat remisi umum pada peringatan HUT RI ke 74 ini sebanyak 57 orang, dengan pemberian remisi antara 1 bulan hingga 5 bulan. Sementara untuk remisi khusus atau bebas murni tidak ada sama sekali. Bila dilihat dari kasus yang ada, 40 persen Narkoba, 25 persen Perlindungan Anak, 10 persen Pencurian serta sisanya berupa kasus lainnya. (HMs/FE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman