CATATAN ANAK BROKEN HOME, TERJERUMUS NARKOBA - Cahaya Realita

Breaking

Kamis, 27 Juni 2019

CATATAN ANAK BROKEN HOME, TERJERUMUS NARKOBA

CAHAYAREALITA.com - Artikel  ini ditujukan kepada para remaja, Mahasiswa,  ataupun pada khalayak ramai yang membaca Artikel  ini agar bisa mengerti tentang bagaimana bahaya dari masalah broken home tersebut yang membuat anak broken home tersebut terjerumus kedalam pengguna narkoba yang bisa membuat mereka terlepas dari konflik keluarga yang merusak mental mereka, dimana ketika mereka menggunakan narkoba, beban fikiran yang menyiksa fisik dan mental mereka terasa lepas dan hilang digantikan dengan perasaan nyaman, tentram, dan rasa bahagia yang ditimbulkan oleh narkoba tersebut.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja dan anak-anak korban dari keluarga broken home.

Apa itu napza???

Istilah lain dari Narkoba adalah NAPZA ( narkotika, psikotropik, dan zat adiktif) yaitu bahan atau zat yang apabila masuk kedalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak atau susunan syaraf pusat ( Psikoaktif) dan menyebabkan gangguan kesehatan jasmani, mental, ketagihan ( adiksi) dan ketergantungan (depedensi).

Alasan kenapa orang memakai narkoba tersebut adalah :
Ingin kenikmatan yang cepat. Nikmat bebas dari rasa kesal, kecewa, stress, takut dan frustasi, nikmat bebas dari rasa sakit dan pusing, nikmat rasa gembira dan senang,  karena ketidaktahuan, tidak tahu apa itu narkoba, tidak tahu bentuknya, tidak tahu akibatnya terhadap fisik, mental, moral, masa depan, tidak paham akibatnya terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Alasan karena  ingin menikmati rasa gembira, tampil lincah, energik, dan mengusir rasa sedih dan malas. Karena Alasan keluarga, banyak pengguna narkoba yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis (keluarga broken home), komunikasi yang buruk antara ayah, ibu, dan anak yang seringkali menciptakan konflik yang tidak berkesudahan, konflik didalam keluarga dapat mendorong anggota keluarga merasa frustasi sehingga terjebak memilih narkoba sebagai solusi, biasanya yang paling rentan terhadap stress adalah anak kemudian suami, istri sebagai benteng terakhir.

Situasi buruk yang sering menyudutkan anak yang berasal dari keluarga broken home kearah narkoba adalah karena, anak merasa kurang mendapatkan kasih sayang dalam keluarga, merasa kesal, kecewa dan kesepiana.anak merasa kurang dihargai kurang mendapatkan kepercayaan dan dianggap selalu salah, anak mengalami konflik dengan orang tua dalam masalah pacaran, memilih pasangan hidup, atau menentukan pilihan profesi, cita-cita, anak kesal dan kecewa karena ayah dan ibunya kurang harmonis dan sering bertengkar, orang tua yang selalu konflik tentang masalah ekonomi atau adanya perselingkuhan dan karena perceraian orang tua.

Bahaya penyalahgunaan Napza

Dampak pemakaian narkoba terhadap fisik adalah sipemakai akan mengalami kerusakan organ tubuh dan menjadi sakit, mengalami kerusakan paru-paru, ginjal, hati, otak, jantung, usus dan sebagainya. Dampak terhadap mental dan moral Pemakai napza berubah menjadi tertutup karena malu akan dirinya, takut mati, takut perbuatannya diketahui karena menyadari buruknya perbuatan yang ia lakukan, pemakai akan menjadi pemalu, rendah diri dan sering merasa sebagai pecundang, tidak berguna dan sampah masyarakat. Bisa menyebabkan penyakit HIV/AIDS melalui pemakaian jarum suntik bersama dan hubungan seks, hepatitis dan sifilis.

Semoga artikel yang sedemikian singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua baik itu bagi kalangan Mahasiswa, Pelajar Umum sehingga bisa mengerti tentang bahaya narkoba yang bisa mengerogoti moral kita dan pentingnya orang tua dalam membentuk moral dan perilaku anak. Sebagai generasi muda maka kita harus menyadari bahwa kita sebagai tulang punggung bangsa sekaligus bertangung jawab atas kemajuan bangsa ini. Jadi stop penyalahgunaan narkoba. Mari jadi remaja yang bersih dari narkoba.

Penulis : Intan suci mayasari dan kawan-kawan Mahasiswi/a STIFI Yayasan Perintis Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman