Gelar Lomba Islami, Wako Mahyeldi : Pesona Ramadan Sumbar Tepat Tingkatkan Syiar Keislaman dan Wisata Religius - Cahaya Realita

Breaking

Senin, 27 Mei 2019

Gelar Lomba Islami, Wako Mahyeldi : Pesona Ramadan Sumbar Tepat Tingkatkan Syiar Keislaman dan Wisata Religius


Padang (SUMBAR) ,CR Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengaku sangat menyambut baik digelarnya sejumlah lomba Islami bertema Pesona Ramadhan Sumatera Barat (Sumbar) di Masjid Raya Sumbar.

Menurut wali kota yang juga seorang da’i itu, kegiatan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar tersebut memiliki multi manfaat. Sebagaimana beragam perlombaan dan kesenian-kesenian Islam pun digelar. Baik berupa lomba nasyid, lomba mewarnai kaligrafi, lomba azan, lomba busana muslimah dan kegiatan lainnya.

“Tentu hal ini adalah sesuatu yang sangat positif dalam meningkatkan syiar keIslaman sekaligus juga mengangkat nilai-nilai wisata religius di tengah-tengah masyarakat. Dan Insya Allah, kalau semoga kegiatan ini rutin digelar tiap tahunnya,” ujar Mahyeldi dalam sambutannya sewaktu penutupan kegiatan Pesona Ramadan Sumbar 1440 H / 2019 di pelataran parkir Masjid Raya Sumbar, Minggu (26/5).

Dia melanjutkan, Pemko Padang pun yakin dan percaya potensi-potensi dan seni-seni keIslaman tersebut sangat banyak di tengah-tengah masyarakat. Apakah itu di tingkatan generasi muda, majelis taklim atau pun pada komunitas-komunitas yang ada di Sumbar dan Kota Padang pada khususnya.

“Maka untuk itu, dengan diperlombakannya potensi-potensi itu dalam ajang Pesona Ramadan ini, kita harapkan semuanya akan menampilkan, mengangkat dan mempopulerkan potensi tersebut di tengah kehidupan kita sehari-hari. Alhamdulillah nyatanya, kita di Ranah Minang memang memiliki kekayaan dalam pertumbuhan dan perkembangan seni-seni Islam.”

“Maka itu, kita harapkan tampilan seni yang ditampilkan tidak saja ditampilkan ketika perlombaan saja. Tetapi juga dapat ditampilkan dalam acara-acara resmi, resepsi pernikahan atau agenda lainnya. Sehingga ini juga menjadi bahagian yang akan mendorong berkembangnya seni-seni Islam tersebut di Ranah Minang,” tukuknya.

Wali Kota Padang itu pun juga mengapresiasi kegiatan Pesona Ramadan itu karena juga menjadi salah satu bahagian yang akan melengkapi dan menyempurnakan potensi wisata halal di Sumbar, termasuk di Kota Padang. Hal ini sejalan dengan pernyataan Kementerian Pariwisata yang akan mengembangkan dan mendukung Sumatera Barat sebagai destinasi wisata halal.

“Dan kita di Kota Padang dengan kebijakan ini tentu siap mensupport program-program yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar. Sehingga wisata halal di Sumbar lebih maju dan berkembang lagi ke depan. Itu makanya dewasa ini objek-objek wisata terus kita lengkapi dengan fasilitas dan prasarana yang mendukung termasuk mendirikan beberapa masjid di lokasi wisata,” tandasnya.

Lebih jauh Mahyeldi juga menyampaikan selamat kepada para peserta yang sukses meraih juara dalam acara ini. Dan bagi yang belum mampu memperoleh prestasi kali ini ia pun menyemangati dan mengingatkan bahwa kesempatan masih banyak lagi dan terbuka lebar ke depan.

Diketahui, dalam event Pesona Ramadan ini Dinas Pariwisata Sumbar juga didukung oleh organisasi pemuda Genpi dan Al-Hamas serta lainnya. Untuk lomba busana Muslim diikuti tingkat anak-anak, sedangkan lomba azan untuk usia 13 hingga 17 tahun, lomba mewarnai kaligrafi juga untuk tingkat anak-anak, dan nasyid untuk umum. Acara ini juga dihiasi dengan dibukanya pameran kuliner Minang yang diikuti seluruh kabupaten dan kota di Sumbar. Hadir dikesempatan itu Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian serta lainnya.

(tim humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman