Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat Kembali Rengkuh Piala Adipura 2019 - Cahaya Realita

Breaking

Jumat, 11 Januari 2019

Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat Kembali Rengkuh Piala Adipura 2019

Padang (SUMBAR).CR-Kota  Padang ,Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.  akhirnya sukses meraih penghargaan bergengsi setelahmeraihnya tahun 2017 lalu. Tahun ini kembali merengkuh penghargaan dari pemerintahan Indonesia  dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu.Sebagaimana Kota Padang keluar sebagai satu-satunya kota di Sumatera yang meraih penghargaan Adipura kategori Kota Besar. Penilaiannya dilakukan selama Januari-Desember 2018 dari beberapa indikator penilaian.Demikian disampaikan Wali Kota Padang melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Al Amin dalam Rapat Persiapan Penyambutan Piala Adipura di Aula Kantor DLH Padang, Jumat (11/1/2019).

"Hal ini kita ketahui, setelah menerima surat dari Kementerian LHK No.UN.4/PSLB3/PS/PLB.0/01/2019 tanggal 8 Januari 2019 tentang Undangan Penganugerahan Adipura yang dilaksanakan Senin 14 Januari 2019 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung. Manggala Wanabakti yang langsung diserahkan Wakil Presiden RI," ungkapnya dalam rapat yang diikuti kepala OPD terkait, unsur Forkopimda Padang dan stakeholder terkait lainnya itu.

Dikatakan Al Amin, Kota Padang telah tercatat 18 kali menerima Piala Adipura, dimana pada 2017 lalu kembali meraihnya usai menunggu 8 tahun lamanya atau semenjak di 2009.

“Direncanakan, Insyaallah bapak Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah akan menjemput penghargaan ini ke Jakarta, Senin (14/1). Seperti biasa, setelah diterima Piala Adipura akan diboyong ke Padang untuk diarak bersama-sama memutari kota dan melihatkannya kepada warga masyarakat,” katanya.
Mengingat itu, tambah Al Amin, demi tertib dan hikmatnya acara penyambutan Piala Adipura nanti, Pemerintah Kota Padang melalui OPD terkait didukung unsur Forkopimda dan stakeholder terkait diharapkan saling bekerjasama dan berkoordinasi.

“Alhamdulillah, semua unsur terkait hadir pada rapat kali ini dan saling menyatakan kesiapan untuk penyambutan Piala Adipura pada Selasa (15/1) mendatang. Direncanakan piala tersebut akan dibawa dari Jakarta ke Kota Padang sekira pukul 10.00 Wib,” cetus dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam prosesi penyambutan Piala Adipura nantinya dimulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Yakni berupa pengalungan bunga kepada Wali Kota Padang dan rombongan. Kemudian dilanjutkan pengarakan piala ke berbagai penjuru Kota Padang yang berakhir di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol. Di sanalah dilaksanakan puncak acara penyambutan Piala Adipura.

“Alhamdulillah, para pihak terkait telah menyatakan kesiapan untuk prosesi penyambutan Piala Adipura yang tinggal beberapa hari lagi diserahkan. Baik untuk kelancaran lalu lintas, serta hal-hal yang berkaitan dengan prosesi penyambutan".

"Kita berharap, semuanya dapat berjalan dengan lancar dan meriah. Karena ini merupakan penghargaan tidak saja bagi pemerintah, namun bagi seluruh unsur dan warga masyarakat Kota Padang. Yaitunya semangat dan komitmen masyarakat dalam menjaga kebersihan, termasuk upaya keras dari pasukan kuning yang selama ini bekerja tanpa kenal lelah,” ungkap Al Amin mensyukuri. (Jnch/Dv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman