Aksi Bersih Gunung Singgalang di World Cleanup Day - Cahaya Realita

Breaking

Senin, 10 September 2018

Aksi Bersih Gunung Singgalang di World Cleanup Day

CAHAYAREALITA.com - Para pecinta alam dari berbagai komunitas bakal mengadakan aksi bersih-bersih di sejumlah titik di Sumatera Barat dalam hal memperingati World Cleanup Day yang serentak diadakan di 150 negara.

Salah satu titiknya adalah di Gunung Singggalang yang akan dilakukan pada 14-15 September 2018 mendatang. Penggiat dari Sekretariat Bersama Pecinta Alam (Sekber PA) Sumatera Barat, Abu Hanifah mengatakan, diperkirakan aksi ini akan diikuti puluhan pecinta alam dari berbagai daerah.

"Kita naik ke Puncak tanggal 14, esoknya kita bersihkan mulai dari Telaga Dewi hingga trek bawah, semua sampahnya kita turunkan," jelas Abu Hanifah.

Katanya, semua sampah itu tak semuanya akan dibuang setelah terkumpul, sampah yang bisa dimanfaatkan selanjutnya akan didaur ulang dengan menggandeng sebuah komunitas. Menurutnya, sampah-sampah itu merupakan peninggalan dari pendaki gunung tak bertanggungjawab sehingga mengakibatkan gunung menjadi kotor.

Dia mengharapkan aksi ini bisa berjalan sukses sehingga gunung-gunung bisa bersih dari sampah. "Jadi kita juga beri edukasi kepada pendaki maupun warga tentang sampah-sampah yang bisa di daur ulang," lanjutnya.

Untuk diketahui, jalur utama pendakian menuju Singgalang sendiri berada di Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Dari sini pendaki butuh waktu hingga 5 jam saat cuaca bagus untuk sampai ke Telaga Dewi yang berada di Puncak Singgalang.

Gunung Singgalang memiliki tinggi sekitar 2877 meter di atas permukaan laut, sedikit lebih rendah dari Gunung Marapi. Di banding Marapi, trek pendakian Singgalang jauh lebih sulit, sehingga jumlah pendakinya tak sebanyak Marapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman