Wgub Sumbar :Pawai Telong-Telong Merupakan Inisiatif Cerdas Dari Pemko Padang - Cahaya Realita

Breaking

Senin, 06 Agustus 2018

Wgub Sumbar :Pawai Telong-Telong Merupakan Inisiatif Cerdas Dari Pemko Padang

SUMBAE(Padang),CR Penampilan pawai telong-telong tentu ada sejarahnya, yaitu memcerminkan perjuangan masyarakat Kota Padang 349 tahun silam. Pemko Padang menghidupkan kembali dalam sinergi budaya, pariwisata dan sejarah," kata Nasrul Abit di depan panggung kehormatan saat Malam peringatan HUT Kota Padang ke-349 berlangsung semarak di kawasan Pantai Cimpago, Senin (6/8/2018).Ada pawai telong-telong, karnaval dan pentas seni serta pelepasan ratusan kembang api, disaksikan ribuan warga yang antusias.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, semarak HUT Kota Padang dengan memampilkan pawai telong-telong merupakan inisiatif cerdas dari Pemko Padang. Kegiatan ini sinergi budaya, pariwisata dan sejarah perjuangan,”ujranya.Wagub mengharapkan Kota Padang agar tetap menjadi yang terbaik di Sumatera Barat dalam program-program pembangunan. Semua program pembangunan tersebut banyak yang dapat disinergikan dengan program provinsi dan pusat.

"Kami berharap Padang tetap menjdi kota terbaik di Sumatera Barat. Untuk itu program-program Pemko Padang dapat bersinergi dengan provinsi dan pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah kepada mengulas, berawal dari peristiwa heroik 6 Agustus 1669, ketika masyarakat Pauh dan Kuranji menyerang loji-loji VOC di Muaro Batang Arau. Sejak itu semangat heroik itu diperingati sebagai hari jadi Kota Padang hingga ke-349 hari ini.

"Kita berharap, semangat heroik itu tetap dipelihara dalam membangun Kota Padang. Agar Padang semakin rancak dan masyarakatnya semakin maju dan sejahtera," kata Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan, pengembangan pariwisata mulai menampakkan wujud nyata dengan dibangunnya beberapa infrastruktur penunjang. Disamping jalan, saat ini tengah dibangun pedestrian sisi Batang Arau."Kawasan Batang Arau dipercantik sehingga menjadi Marina Kota Padang nantinya," sebut Wako.Uniknya, semarak malam HUT Kota Padang justru ditandai dengan doa bersama sebagai empati terhadap korban gempa Lombok. Doa dipimpin Wagub Nasrul Abit, diikuti Walikota Mahyeldi dan istri, anggota DPD RI Leonardi Harmaini, Ketua DPRD Padang Elly Trishyanti dan pejabat lainnya serta seluruh masyarakat yang hadir.

Adapun di panggung kehormatan, terlihat hadir tetamu dari Kota Hildesheim, Jerman dan dari Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam. Kedua rombongan merupakan delegasi dari kota yang telah menjalin kerjasama sister city dengan Kota Padang. Pawai Telong-telong dan Carnaval Dilombakan.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi menyebut pawai telong-telong dilombakan. Peserta pawai merupakan utusan dari kecamatan yang dipimpin langsung oleh camat.Juara pawai telong-telong tahun ini diraih utusan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Juara kedua, Kecanatan Lubuk Begalung. Sesangkan Kecamatan Koto Tangah di pososi juara III. Juara Carnaval terbaik digondol Kecamatan Kuranji, Padang Barat dan Padang Selatan. (Hmsp/Jn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman