Gubernur Sumatera Barat hadiri Rukyatul Hilal - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 11 Agustus 2018

Gubernur Sumatera Barat hadiri Rukyatul Hilal

SUMBAR(Padang),CR -Tim Rukyatul Hilal Penentuan Awal bulan Dzulhijjah 1439 H telah bekerja memantau posisi hilal mengambil tempat di lantai Empat Gedung Kebudayaan Pantai Padang Sabtu (11/8) mulai pukul 16.30 WIB.Dalam Rukyatul Hilal kali ini hadir Gubernur Sumatera Barat, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, ,Ketua Badan Hisab Rukyat Sumatera Barat, Asasriwarni beserta tim, Hakim  dan panitera Pengadilan Agama Padang, Kepala BMKG Padang Panjang, Ormas Agama di Sumatera Barat, Kabag TU H. Irwan dan Kabid Urais Binsyar H. Symasuir beserta seluruh kjajaran dari Kanwil Kemenag Sumatera Barat.

Dari pantauan Tim Rukyatul Hilal Kemenag  dan juga Tim dari BMKG Padang Panjang Hilal berada diposisi minus satu derjat.Hasil ini disampaikan langsung oleh Kakanwil dihadapan semua pihak.Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan “hasil pantauan Rukyatul Hilal ini akan kita laporkan ke Kementerian Agama RI dan kita menunggu hasil sidang istbat yang diadakan malam ini di Pusat untuk penentuan 1 dzulhijah 1439 H” ujar Hendri.

Masih menurut Hendri, penentuan 1 dzulhijjah ini sangat penting karena berkaitan dengan pennetuan hari tarwiyah, Wukuf di Arafah, penentuan Idul Adha dan penentuan hari melontar jumrah bagi jamaah haji.Dan sesuai hasil sidang itsbat yang dilakukan di Kementerian Agama RI di Jakarta, Pemerintah menetapkan 1 Zulhijjah 1439H jatuh pada tanggal 13 Agustus 2018, dengan demikian 10 Zulhijjah atau hari Idul Adha jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018. Penetapan tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama, Sabtu (11/08).

"Dari segi hisab dan rukyatul hilal, maka sebagaimana yang dipedomani berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Bulan Zulqa'idah 1439 Hijriyah kita sempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018," kata Dirjen.

Gubernur Sumatera Barat, dalam  kesempatan ini menyampaikan, “atas nama masyarakat Sumatera Barat berharap agar Rukyatul Hilal ini menghasilkan ketentuan yang tegas dalam rangka penetapan pelaksanakan Idul Adha”, ujarnya.Atas nama Pemerintah  Gubenur juga berharap dengan hasil Rukyatul Hilal ini menjadi penyatu konsep pemikiran kaum muslimin dalam rangka meningkatkan siar Islam di Provinsi Sumatera Barat, tutupnya.(Mira)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman