Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi kawasan Saribu Rumah Gadang - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 19 Mei 2018

Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi kawasan Saribu Rumah Gadang

CAHAYAREALITA.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, pada Selasa (22/5).

"Kami mendapat informasi ini dari provinsi dan sekarang sedang melakukan persiapan untuk penyambutan Presiden," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Solok Selatan Firdaus Firman di Padang Aro, Jumat.

Kepastian Presiden ke Sumbar dan salah satu yang akan dituju adalah Solok Selatan diketahui setelah Kepala Biro Umum Provinsi rapat dengan Sekretaris Kabinet di Istana usai shalat Jumat.

Presiden dijadwalkan tiba di Sumbar pada Senin (21/5) dan ke Solok Selatan pada Selasa (22/5) pagi.

"Minggu (20/5) akan dilakukan rapat koordinasi menyambut kedatangan Jokowi di Provinsi," ujarnya.

Pemerintah Solok Selatan sudah melakukan persiapan penyambutan kedatangan Presiden dengan menggelar rapat antarorganisasi perangkat daerah, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), pemangku adat, Kerapatan Adat Nagari (KAN).

Kepala Negara direncanakan meninjau revitalisasi total Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Sebelumnya, pada Peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Padang, Presiden mencanangkan revitalisasi total Kampung Adat terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 itu.

Firdaus Firman menyebutkan rencana kunjungan Presiden ke Solok Selatan sempat batal padahal pemerintah kabupaten setempat telah menyiapkan sejumlah rencana penyambutan kedatangan Kepala Negara, seperti penampilan kesenian, kehadiran seluruh pemangku adat dengan baju kebesaran, kemudian opsi helipad yang direncanakan untuk pendaratan helikopter yang membawa Presiden.

"Karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan jadi tidak terlalu canggung," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan menyebutkan rencana kedatangan Kepala Negara untuk meninjau revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang itu bakal membawa dampak bagi pembangunan pariwisata Sumbar, khususnya Solok Selatan.

"Restorasi kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan masa depan pariwisata Solok Selatan. Rencana kedatangan RI 1 ke Saribu Rumah Gadang pasti akan membawa dampak besar, khususnya kunjungan wisatawan," ujarnya.

Ia menambahkan kedatangan Jokowi ke Kawasan Saribu Rumah Gadang yang berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu bisa mempercepat proses penyelesaian restorasi itu.

"Kawasan Saribu Rumah Gadang bakal menjadi salah satu destinasi wisata Sumbar. Akan memberikan dampak ekonomi bagi daerah," ujarnya.

Pembangunan daerah, katanya, tidak akan cukup dengan menggunakan APBD. Kedatangan Presiden yang akan didampingi oleh sejumlah menteri diharapkan bisa dimanfaatkan pemkab setempat untuk mempresentasikan rencana pembangunan daerah.

"Tanpa APBN, pembangunan infrastruktur dan manusia akan berjalan lambat. Kami harapkan pemkab bisa memanfaatkan kehadiran pimpinan kementerian," katanya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman