Risk and Insurance Himaktuaria Program Studi Aktuaria Unitas Padang - Cahaya Realita

Breaking

Jumat, 27 April 2018

Risk and Insurance Himaktuaria Program Studi Aktuaria Unitas Padang

CAHAYAREALITA.com – “Salam Dan Bahagia” Program Studi Aktuaria Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang menggelar Kuliah Umum dengan mengangkat tema ”Pentingnya Asuransi dalam Kehidupan”. Dengan nara sumber Kepala Cabang PT. Jasaraharja  Putera Padang, IMAM HENDRAWAN,S.Sos,MM,Cgi, Jum’at 27/04/18.

Kuliah umum yang dibuka Secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Unitas Padang Dr, Jamilah, MP. Yang sangat mendukung dengan diadakanya acara tersebut, sehingga menjadi ajang unntuk mahasiswa untuk lebih memahami seputar dunia asuransi, mulai dari dasar-dasar asuransi, jenis-jenis asuransi, peranan danpentingnya asuransi serta perkembangan industry asuransi di Indonesia, hingga prospek pekerjaan di dunia asuransi.

Sementara itu Wakil Rektor III Unitas Padang Yevendri, SH. MH Mengatakan bahwasanya materi atau tema yang diangkat dalam kuliah umum ini dirasa sangat  signifikan dan urgen bagi kita semua. Tak sampai disitu, yevendri berharap ada output dari kegiatan ini ada kerjasama dan silaturahmi, serta pimpinan unitas padang akan semakin inten melkukan kerjasama dengan PT. Jasaraharja  Putera Padang, Pungkas Wakil Rektor III Yevendri.

Puncak acara kuliah umum yang dibawakan oleh Imam Hendrwan menyampaikan banyak hal tentang Asuransi, mulai dengan pengenalan asuransi, Risiko Dapat Didifiniskan Sebagai “Uncertainty Of Loss” serta bagaimana menegemen risiko, “Risk Manajemen” yang merupakan Suatu Proses Identifikasi, Analisa, Dan Pengendalian Secara Ekonomis Atas Risiko Yang Membahayakan Asset Atau Kemampuan Menghasilkan Pendapatan Dari Suatu Usaha.

Proses penanganan risiko, Proses pengalihan risiko , Regulasi perasuransian, Usaha & perusahaan asuransi ruang lingkup usaha perasuransian obyek asuransi yg dapat diasuransikan serta Prinsip-prinsip asuransi sampai dibagian ahir Dikenalkan juga Oleh Narasumber juga mnerangkan Perbedaan Asuransi Konvensional Dengan Asuransi Syariah.

Asuransi syariah
  • Asuransi syariah menggunakan sistem sharing of risk. 
  • Uang yg dibayarkan oleh peserta disebut kontribusi yg terdiri dari dana tabaru’ (diniatkan untuk saling tolong menolong) dan ujrah (upah bagi perusahaan asuransi syariah selaku pengelola dana)
  • Kepemilikkan  dana pada asuransi syariah merupakan hak peserta. Perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelolanya secara syariahasuransi syariah dibebani kewajiban membayar zakat dari keuntungan yang diperoleh
  • Asuransi syariah memiliki  dewan pengawas syariah(dps), 
  • Akad pada asuransi syariah adalah akad tabbaru’(hibah), 
  • Investasi dana pada asuransi syariah berdasarkan bagi hasil(mudharobah), barsih dari gharar, maysir dan riba.. Pembayaran klaim pada asuransi syariah diambil dari dana tabbaru’(dana kebajikkan).
  • Pembagian keuntungan pada asuransi syariah dibagi antara perusahaan dengan peserta sesuai prinsip bagi hasil dengan proporsi yang telah ditentukan. Pada asuransi konvensional seluruh keuntungan menjadi hak milik perusahaan.
Asuransi konvensional

  • Pada asuransi konvensional yang dilakukan adalah transfer of risk
  • Uang yg dibayarkan oleh tertanggung disebut premi 
  • Dana yang terkumpul dari nasabah (premi) menjadi milik perusahaan. Sehingga, perusahaan bebas menentukan alokasi investasinya.
  • Tidak dikenakan zakat
  • Pengawasan dilakukan oleh dewan komisaris
  • Akadnya lebih mirip jual beli. 
  • Pada asuransi konvensional memakai bunga(riba) sebagai landasan perhitungan investasi Pembayaran klaim diambilkan dari rekening dana perusahaan.
Pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber kurang lebih 1jam diahiri dengan tanya jawab antara Narasumber dengan peserta dengan memberikan Dorprice kepada penanya dan kepada peserta yang bisa menjawab pertanyan dari narasumber yang telah dipaparkan.

Lebih Detail Baca Juga : Satu Jam Bersama Imam Hendrawan dalam Kuliah Umum "PENTINGNYA ASURANSI DALAM KEHIDUPAN" Hima Aktuaria Program Studi Aktuaria Unitas Padang


Sementara Menurut Ketua Prodi Aktuaria Yulia Rahmawati. Z, S. Pd, M. Pd yang ditemui usai acra mengatakan, “dengan diadakan kuliah umum tersebut nantinya Selain meningkatkan literasi mahasiswa tentang pemahaman seputar dunia asuransi (dasar dan jenis asuransi), mahasiswa juga menyadari bahwa ternyata asuransi penting dalam kehidupan. Salah satu manfaatnya adalah memberikan ketenangan dan meminimalkan kerugian terhadap risiko atau kemungkinan yg terjadi dimasa yg akan datang”

“Kegiatan ini memberikan dampak positif kepada Mahasiswa khususnya mahasiswa aktuaria.. Karena lulusan program studi aktuaria sangat diperlukan dalam bidang industri asuransi seperti yg telah dipaparkan oleh Bapak Imam Hendrawan selaku kepala cabang PT. Jasaraharja Putera Padang” Kata ketua prodi Aktuaria. (Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman