Pelatihan Penguatan Kelembagaan Koperasi Di UPTD Balai Diklat Dan UKM Usai Digelar - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 15 April 2018

Pelatihan Penguatan Kelembagaan Koperasi Di UPTD Balai Diklat Dan UKM Usai Digelar

Padang CR - Pelatihan Penguatan Kelembagaan Koperasi Bagi Pengurus dan Pengawas Dan Pelatihan Perkoperasian Bagi Wartawan Angkatan II Di UPTD Balai Diklat Dan UKM Usai Digelar, untuk meningkatkan geliat kemajuan dan perkembangan perkoperasian di sumatera Barat, diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari wartawan utusan berbagai media massa, dan pengurus koperasi se-Sumbar Jum'at April 13/2018. 

Langkah tersebut diambil oleh dinas perkoperasian dan ukm sumatera barat guna mengenalkan kepada  wartawan dan awak media pers untuk dapat membantu menyebarkan informasi tentang Perkoperasian yang ada, disamping pemberitaan miring terhadap koperasi yang ahirnya muncul asumsi publik yang kurang baik terhadap koperasi itu sendiri, Sedangkan masih banyak juga koperasi yang sebenarnya aktif dan mampu memberikan banyak manfaat bagi anggotanya.

Dalam acara penutupan tersebut Kepala BPLK Sumbar, Donny Ubani didepan 60 orang peserta yang terdiri dari wartawan utusan berbagai media massa, dan pengurus koperasi se-Sumbar mengutarakan, pihaknya menggelar pelatihan tersebut untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang koperasi bagi wartawan dan pengurus koperasi.

Terkait pemberitaan tentang koperasi di Sumbar sangatlah jarang di media massa, baik cetak maupun elektronik. Dengan adanya pelatihan perkoperasian, wartawan bisa memahami koperasi dan mempunyai ilmu dalam mendirikan koperasi. Setelah pelatihan ini, kami berharap berita koperasi banyak di media massa.

Selanjutnya dengan adanya kegiatan ini diharapkan Pers lebih berimbang untuk memberitakan tetang koperasi yang peranya sangat baik sesuai dengan sistem koperasi yang berazas kekeluargaan dan untuk mensejahterakan anggota koperasi tersebut. 

Sementara Pelatihan Penguatan Kelembagaan Koperasi Bagi Pengurus dan Pengawas untuk meningkatkan kompetensinya, mereka ini diberikan pelatihan perkoperasian. "Penyuluh koperasi lapangan ini diharapkan nantinya dapat menjadi perpanjangan tangan bagi dinas provinsi dan dinas kabupaten/kota dalam memberikan arahan terhadap koperasi-koperasi yang ada di daerah tugasnya.

Di sela-sela penutupan pelatihan tersebut, Doni mengungkapkan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi penyuluh koperasi dan pendamping UKM. Dinas memberikan pengetahuan dasar tentang koperasi. Dan nantinya akan dibuat pelatihan berkelanjutan.

Dia mengharapkan pelatihan ini dapat memberikan gambaran umum terhadap penyuluh dan pendamping UKM itu dalam melaksanakan tugasnya. Mereka diharapkan dapat mengkonsolidasikan pembentukan koperasi di kalangan pelaku UKM.

Diungkapkan Doni, pendamping UKM ini sebenarnya lebih ke arah pendamping pasca pelatihan. Para UKM yang dilatih di UPTD, jika terkendala di lapangan seputar aplikasi pelatihan yang diterimanya dapat menghubungi pendamping mereka. 

Dalam kesempatan yang diberikan oleh perwakilan wartawan yang diminta kesan dan kesan terhadap pelatihan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat memasarakatkan koperasi dengan pemberitaan yang seimbang tentang langkah-langkah koperasi yang sukses meningkatkan kesejahteraan anggotanya. (Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman