2030 Indonesia Akan Menjadi Negara Perekonomian Terbesar No 7 Didunia - Cahaya Realita

Breaking

Rabu, 11 April 2018

2030 Indonesia Akan Menjadi Negara Perekonomian Terbesar No 7 Didunia

Padang CR – Penandatanganan kerja sama Antara Universitas Bung Hatta dengan Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kompetensi lulusan dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang bertempat di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Prokalamtor I Universitas Bung Hatta, Selasa (10/04/2018).

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan Drs. Bambang Satrio Lelono, MA mengungakapkan bahwa Indonesia negara yang memiliki potensi menjadi negara yang maju, contohnya Indonesia memiliki sumberdaya manusia yang banyank, tenaga kerja yang banyak, serta penduduknya terbanyak  no 4 didunia, 40% penduduk asian adalah indonesia, kekayaan alam jangan diragukan apapn ada di indonesia.

Keanekaragaman hayati indonesia no 2 didunia setelah brazil, potensi hasil laut paling minimal 2000 triliun ada juga yang memprediksi 3000 triliun, artinya dari hasil laut saja indonesia bisa membangun dalam 1 tahun, dari hasil tambang panas bumi 40 %, jika itu bisa di optimalkan hasil tambang artinya kita bisa membuat  listrik murah, energi murah. Ahirnya biaya produksi murah dan bisa bersaing dan mengalahkan produk-produk luar negeri, akan tetapi semua itu belum bisa dioptimalkan, Panas bumi yang kandunganya sangat besar, indonesia Baru bisa memenfaat sekitar 6 %, begitu juga potensi hasil laut, Indonesia baru bisa memanfaatkan sekitar 100 triliun. 

Menurut Drs. Bambang Satrio Lelono, MA indonesia butuh sumberdaya terkini, karena sumberdaya terkini bukan hanya sdm dan sumberdaya alam yang melimpah, akan tetapi sumberdaya terkini adalah seberapa banyak indonesia memiliki manusia yang berketerampilan, sebarapa banyak indonesia memiliki manusia yang berkompeten dan mampu bersaing , seperti yang terjadi di pada negara-negara yang sebenarnya tidak mempunyai potensi untuk maju, Seperti Jerman, Jepang dan Belanada, yang memeiliki sumberdaya manusia yang berketerampilan dan berkompeten, sehingga negara-negara tersebut menjadi negara yang sangat maju.

Pada pemerintahan Presiden jokowi yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan kebijakan yang sangat tepat sehingga diprediksikan indonesia pada tahun 2030 akan menjadi Negara dengan ekonomi terbesar no 7 didunia dan pada tahun 2050 indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar no 4 didunia setelah Amerika, Chiina dan India, tentunya dengan sarat Indonesia harus memiliki tenaga kerja yang berketerampilan dan berkompeten. (Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman