Sumatera Barat Masuk 5 Besar Nominasi Penghargaan Adi Bahasa - Cahaya Realita

Breaking

Selasa, 13 Maret 2018

Sumatera Barat Masuk 5 Besar Nominasi Penghargaan Adi Bahasa

Padang (SUMBAR) CR - Sumatera Barat Masuk 5 Besar Nominasi Penghargaan Adi Bahasa, Penghargaan Adi Bahasa yang digelar setiap lima tahun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumbar yang bersaing dengan empat provinsi lain yaitu Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Yogyakarta," kata Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Sumbar Herlinda di Padang

Penilaian penerima penghargaan Adi Bahasa tersebut dilakukan berdasarkan penggunaan bahasa di luar ruangan. Khususnya di Kota Padang sebagai ibu kota provinsi.

"Penggunaan bahasa dalam ruangan yang dimaksud adalah seperti baliho, spanduk, tentang imbauan atau kegiatan Pemerintah Provinsi Sumbar atau Padang. Begitupula untuk penamaan gedung perkantoran di Padang," kata Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Sumbar, Herlinda.

Selain itu, jelas Herlinda, penilaian juga dilakukan terhadap naskah administrasi pemerintahan.

Diantaranya, seperti surat keputusan gubernur, surat edaran, peraturan daerah, sampai naskah perjanjian kerja sama.

Saat ini, sebut dia, tim Balai Bahasa Sumbar telah mengumpulkan naskah dimaksud untuk diserahkan pada tim penilai dari Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tim Badan Bahasa akan ke Padang untuk melakukan verifikasi dan penilaian akhir pada 23 Maret 2018. Saat ini masih ada naskah administrasi pemerintahan yang belum terkumpul, yakni contoh surat keputusan gubernur," papar dia.

Penghargaan Adi Bahasa ini merupakan penghargaan 5 tahunan yang diberikan oleh Badan Bahasa. Terakhir kali sebut Herlinda, Sumbar mendapatkan penghargaan itu pada tahun 2008 lalu.

"Penghargaan Adi Bahasa akan diserahkan saat acara Kongres Bahasa Indonesia ke 11 di Jakarta tanggal 28 Oktober 2018 mendatang. Semoga Sumbar sebagai penerima," pungkasnya.
(Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman