RI Kecam Keras Serangan Tentara Israel Terhadap Demonstran Palestina - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 01 April 2018

RI Kecam Keras Serangan Tentara Israel Terhadap Demonstran Palestina

Cahaya Realita, Jakarta - Pemerintah Indoneia melayangkan kecaman keras atas serangan yang dilakukan tentara Israel terhadap demonstran Palestina di Gaza. Israel menembaki para demonstrasi yang melakukan aksinya di dekat perbatasan Gaza-Israel.

"Indonesia mengecam keras serangan oleh tentara Israel kepada warga Palestina yang sedang berdemo di perbatasan Gaza dan Israel, yang mengakibatkan puluhan warga Palestina meninggal dan ratusan luka-luka," kata Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam sebuah pernyataan yang diterima Sindonews pada Sabtu (31/3).

Kemlu RI kemudian menuturkan, pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam dan solidaritas kepada korban dan keluarga korban akibat aksi serangan tentara Israel tersebut.

"Indonesia menegaskan bahwa Pemerintah Israel memiliki tanggung jawab di bawah hukum HAM dan kemanusiaan internasional untuk melindungi warga sipil," sambungnya. 

"Pemerintah Indonesia mendesak agar segera dilakukannya investigasi menyeluruh terhadap penggunaan kekerasan yang berlebihan tersebut dan agar hasilnya dipublikasi secara utuh," lanjut pernyataan tersebut. 

Indonesia menegaskan, dampak aksi kekerasan dan kekejaman oleh tentara Israel terus menjadi ancaman terhadap upaya perdamaian di Palestina dan kawasan Timur Tengah. 

Sebelumnya, sejumlah negara Arab melemparkan kecaman keras atas serangan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap demonstran Palestina.  Maroko, Kuwati, Turki dan Qatar adalah beberapa negara yang melemparkan kecaman terhadap aksi Israel.
(esn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman