Gubernur Irwan Prayitno Hadiri Acara Batagak Pangulu H.Taslim Dt.Tambogo di Nagari Simarasok Agam - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 17 Maret 2018

Gubernur Irwan Prayitno Hadiri Acara Batagak Pangulu H.Taslim Dt.Tambogo di Nagari Simarasok Agam

Agam (SUMBAR) CR - Masyarakat Jorong sungai Angek, Nagari simarasok, Kecamatan Baso, kabupaten Agam, khususnya suku Chaniago menggelar Batagak Panghulu Datuak Tambogo.

"Saya mengucapkan selamat kepada H.Taslim Dt.Tambogo, SSi,SH.yang diamanahkan menjadi pemangku adat dengan gelar Datuak Tambogo, mudah-mudahan dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik,” kata Bupati Agam Ir. H. Indra Catri, M.Sp. pada acara Batagak Panghulu di jorong sungai Angek Sabtu, (17/3) siang.

Bupati menyebut dengan menyandang gelar datuak ini maka H.Taslim bertambah tanggung jawabnya untuk membimbing dan menjaga anak kemenakan di kaumnya, dimana sebelumnya hanya sebatas memperhatikan keluarga dekat saja.

Ir. H. Indra Catri, M.Sp. mengatakan program pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat madani dan berbudaya, berupaya mendorong kaum yang gelar adatnya selama ini talipek, tabanam, atau tagantuang untuk kembali dihidupkan kembali.

“Pemerintah daerah mendorong setiap nagari agar gala panghulu yang selama ini talipek, tabanam atau tagantuang bisa ditagakkan lagi,” ucapnya.

Bupati berharap dengan bertambahnya pemangku adat ini peran pemangku adat semakin kuat dan menjadi tonggak yang kokoh dalam membangun nagari beserta seluruh masyarakatnya.

"Ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai bersama pemerintah daerah harus selalu bergandengan tangan dalam membangun ini," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengapresiasi upaya Pemkab Agam dalam pelestarian nilai-nilai adat dan budaya yang ada di salingka nagari.

“Pemerintah daerah mendukung kaum atau suku yang menggelar acara Batagak Gala, karena ini menjadi motivasi masyarakat untuk peduli terhadap pelestarian adat dan budaya Minangkabau sebagai identitas dan kebanggaan kita semua,” ucap Irwan.

Gubernur berharap pemangku adat dapat menjadi teladan dan pelindung bagi kaumnya di tengah tantangan era globalisasi yang mengancam akhlak anak kemenakan.

Sementara itu , ketua DPD PAN kota payakumbuh Gusti Putra menyampaikan bahwa pemberian gelar Datuak Paduko Tambogo kepada Bapak H.Taslim sudah pantas karena sangat peduli dengan anak kemenakannya yang berada di rantau atau di kampung halamanya sendiri.

“Mudah-mudahan dengan amanah ini, Nagari simarasok lebih berkembang lagi dan para perantaunya bisa berkontribusi nyata bagi kemajuan kampung halaman,” ujar Gusti Putra Selaku ketua DPD PAN kota payakumbuh ini.

Senada apa yang disampaikan Gubernur sumbar Wakil ketua DPD PAN Pasaman Zulkifli, ”Saya memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh ninik mamak dan masyarakat simarasok yang begitu antusiasnya datang pada acara batagak pangulu kali ini. Ini luar biasa ramainya. "ucapnya singkat.

Turut hadir dalam alek batagak gala ini. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Dt. Rajo Bandaro Basa, Staf Ahli MenPAN-RB Shadiq Pasadique, Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, Ketua Harian DPP IKA Unand Surya Tri Harto, Sekjen DPP IKA Unand Prof. Reni Mayerni, Cawawako Padang Hendri Septa, Cawawako Padang Panjang Eko Furqani, ketua DPD PAn kota payakumbuh gusti putra, Wakil Ketua DPD PAN Pasaman Zulkifli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman