200 Personel Satpol PP Dikerahkan Amankan Paskah di Monas - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 01 April 2018

200 Personel Satpol PP Dikerahkan Amankan Paskah di Monas

Cahaya Realita - Jakarta, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu memastikan bakal menerjunkan 200 personelnya untuk mengamankan perayaan paskah umat kristiani di Monas yang rencananya dilaksanakan pada Minggu (1/4) pagi. 

Selain Satpol PP, akan ada unsur TNI dan Polri yang ikut melakukan pengamanan di kawasan itu. 

"Kami terjunkan 200 personel, tapi untuk Satpol PP saja. Nah, di lokasi juga ada unsur Polisi dan TNI," kata Yani saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Sabtu (31/3) malam.
Yani tidak merinci berapa personel TNI dan Polri yang telah diterjunkan untuk mengamankan kegiatan itu.

Ia hanya menyebut anggotanya akan mulai berjaga di lokasi sebelum pukul 03.00 WIB. Anggotanya ini akan disiapkan untuk berjaga di beberapa titik, misalnya di depan pintu Monas yang akan disiapkan sekitar 50 personel. 

"Mulai apel itu jam tiga subuh, nanti jaga-jaga di beberapa titik," kata dia. 

Yani juga membeberkan waktu kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dijadwalkan ikut memberikan sambutan bersama tamu undangan lainnya. 

"Pak Anies hadir, kalau di jadwal bapak hadir jam lima pagi," ujarnya. 
Panitia Perayaan Paskah Bersama II telah meminta izin secara langsung kepada Anies untuk merayakan paskah pada Minggu pagi di Monas. Rencananya akan hadir sekitar 2000 umat kristiani dalam perayaan paskah bersama tersebut.

Polda Metro Jaya sebelumnya menyatakan bakal mengerahkan sekitar 6000 personel di ibu kota menyambut perayaan Paskah. Ribuan personel kepolisian itu telah berjaga sejak Kamis (29/3) hingga Minggu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan pengamanan akan dilakukan di empat titik, yakni rumah ibadah, tempat rekreasi, tempat yang menjadi akses untuk masyarakat mudik, dan jalan. 

"Untuk tempat ibadah juga ada anggota yang sudah kami plot lewat polres-polres," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (29/3).
Untuk tempat rekreasi, Argo mengatakan penjagaan akan dilakukan di Kebun Binatang Ragunan, Ancol ,dan Taman Mini Indonesia Indah yang biasanya menjadi tujuan wisata masyarakat. 

Penjagaan juga dilakukan di Bandar Udara Soekarno-Hatta hingga Stasiun Kereta Api Gambir. Selanjutnya pengamanan dilakukan di akses jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi. 

"Yang terakhir berkaitan dengan jalur karena libur panjang nanti dikhawatirkan ada macet panjang, anggota semua kami atur jangan sampai ada kemacetan di jalan tol," tutur. Argo. (wis)
Sumbar: CNN Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman