Gabungan Kelompok Tani Gelar Aksi Demo di Balai Kota Padang Sumatera Barat - Cahaya Realita

Breaking

Kamis, 22 Februari 2018

Gabungan Kelompok Tani Gelar Aksi Demo di Balai Kota Padang Sumatera Barat

Padang (SUMABAR) CR - 22/02/2014, Ratusan Petani yang terdiri dari 64kelompok tani dikecamatan koto tangah padang sumatera barat. Gelar aksi demo didepan Balaikota Padang, Dalam aksi tersebut ratusan petani tersebut meminta kepada pemerintah untuk segera memperbaiki bendungan yang berada di Koto Tuo, Karena berdampak pada lahan para petani yang tak lagi bias digarap sejak tahun 2016.
  
Aksi demo yang diawali dengan berjalan kaki, Ratusan petani yang gergabung dalam Gabungan kelompok tani atau Gapoktan, Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah, Mendatangi Kantor Wali kota padang untuk menuntut perbaikan tanggul bendungan Koto Tangah Tua yang terletak di koto Panjang kecamatan Koto Tangah Padang yang rusak akibat terjangan banjir bandang tahun 2016 lalu.

Ratusan petani ini meminta kepada pemerintah untuk tidak memberi janji lagi, karena sudah sejak 2016 lalu tidak kunjung diperbaiki, Selain itu kini berdampak kepada petani yang sawahnya kekeringan karena bendungan tersebut sudah tidak bias mengairi lahan pertanian masarakat dan kolam –kolam ikan milik warga.

Ketua LPM Koto Pulai menjelaskan, Jebolnya bendungan koto tuo berdampak terhadap 1004 hektar sawah masarakat dikecamatan koto tangah tidak dapat mendapat pasokan air.

Selain sawah, Rusaknya bendungan irigasi tersebut juga membuat kolam ikan sebanyak 465 m persawahan milik masarakat mengalami kekeringan. Selama ini bendungan koto tuo merupakan satu-satunya irigasi yang mengairi air kepesawahan masarakat/

Untuk itu masarakat berharap agar pemerintah segeera membangun bendungan tersebut, sehingga masarakat koto tangah bias kembali mengolah lahan pertanian dengan baik, karena sebagian besar masarakat dilokasi ini bergantung hidup dengan bertani.

Alwis, Pejabat Sementara Walikota Padang menegaska, Pihaknya telah berkordinasi dengan pemerintah pusat yakni kementrian PUPR perwakilan Sumatera Barat untuk segera memperbaiki bendungan koto tangah yang jebol trsebut. ( Pras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman