Ali Mukhni Bersyukur, Padangpariaman Adalah Pusat Mega Proyek Nasional - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 10 Februari 2018

Ali Mukhni Bersyukur, Padangpariaman Adalah Pusat Mega Proyek Nasional

Padangpariaman(SUMBAR),CR- Pembangunan tahap I dengan ruas Kasang-Sicincin Padangpariaman, sepanjang 28 km. Jalan Tol Padang-Pekanbaru sendiri memiliki panjang 244 km dengan total biaya Rp78,9 triliun. Tol Padang-Pekanbaru bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, resmikan ground breaking jalan Tol Padang-Pekanbaru, Jumat siang (9/2). Dalam acara tersebut tampak hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wamen ESDM Archandra Tahar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Sosial Idrus Marham, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi dan sejumlah Pejabat Sumbar dan Riau.
 Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bersyukur atas banyaknya program pembangunan nasional dan bantuan yang dialokasikan untuk Sumatera Barat, khususnya Padangpariaman.

Ia mengatakan, dengan adanya jalan Tol Padang-Pekanbaru, akan memacu pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat, khususnya Padangpariaman selaku kawasan satelitnya Sumbar.

"Kita tahu 
. Kita bersyukur Bapak Presiden langsung yang meresmikannya," ungkapnya. 

Menurut Menteri Basuki Hadimuljono Jalur Tol Padang-Pekanbaru dibangun dalam beberapa tahap. Tahap I Kasang-Sicicin akan memakan biaya sekitar Rp4,8 triliun, kemudian Sicincin-Payakumbuh sepanjang 78 km Rp32,93 trilun, tahap selanjutnya Payakumbuh-Pangkalan sepanjang 45 km Rp15,74 triliun, Pangkalan-Bangkinang sepanjang 56 km dengan biaya Rp18,86 triliun dan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 37 km dengan biaya Rp5,95 triliun.

Penegasan percepatan pembangunan jalan tol Trans Sumatera sendiri tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 117 2015 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai perubahan atas Perpres nomor 100 Tahun 2014 dilaksanakan melalui penugasan kepada PT Hutama Karya (Persero).

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu mengatakan biaya transportasi dalam negeri saat ini jauh lebih mahal dibandingkan Malaysia dan Singapura. Jika ingin memenangkan persaingan dengan negara lain, infrastruktur adalah hal yang sangat fundamental.

"Karena dengan infrastruktur biaya transportasi dan biaya logistik akan jauh lebih murah," ujar Presiden RI ke-7 itu.

Pembangunan jalan tol, menurut presiden merupakan jawaban kemudahan akses barang, orang dan logistik. Jika sebelumnya jarak Padang-Pekanbaru ditempuh selama 9 jam, dengan adanya jalan tol yang diperkirakan selesai 2023 itu, dapat ditempuh hanya 3 jam saja.

Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru juga akan menguntungkan provinsi Sumbar dan Padangpariaman khususnya.

"Ini akan mempunyai dampak ekonomi yang luar biasa terhadap Sumatera Barat dan sekitarnya," sebutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Halaman