Pemerintah Persiapkan Keraton Kasunan Surakarta Jadi Pariwisata Internasional - Cahaya Realita

Breaking

Minggu, 23 April 2017

Pemerintah Persiapkan Keraton Kasunan Surakarta Jadi Pariwisata Internasional

SOLO,CR- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tengah mempersiapkan Keraton Kasunanan Surakarta jadi objek pariwisata internasional. Hal itu adalah instruksi Presiden Joko Widodo padanya.

”Presiden memohon saya, gubernur, serta pak wali supaya selekasnya dipugar, selekasnya di bangun keraton ini. Yang nanti telah kerja sama juga dengan Kemenpar, Kementerian PUPR, Mendikbud untuk selekasnya memugar (keraton), supaya jadi sisi dari daerah wisata bukan sekedar nasional namun juga internasional, ” terang Tjahjo waktu menghadiri Tingalan Dalam Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII, Surakarta, Sabtu (22/4).

Tjahjo mengakui hubungan kerja antarkementerian itu sudah dikerjakannya.

”Nanti Keraton Surakarta bakal terintegrasi dengan Yogyakarta, Sangiran, Candi Borobudur serta Candi Prambanan, ” katanya.

Mendatangkan kembali PB XIII dalam Tingalan Dalam Jumenengan (peringatan tahta raja) adalah langkah pemerintah untuk meraih tujuan itu. Setelah itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta harus memberi dukungan penuh pada pelestarian budaya keraton.

”Semuanya pemerintah membackup, bukan sekedar Solo namun semuanya kerajaan termasuk juga memugar, melakukan renovasi. Bila Solo tanggung jawab wali kota, ” katanya.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menyampaikan siap melakukan pekerjaan tersebut. Pihaknya sudah mempersiapkan dana APBD tiap-tiap tahunnya untuk keraton.

”Tiap-tiap tahun. kita sediakan Rp 400 juta. Bila dari pusat (Kementerian PUPR), kita berharap untuk revitalisasi bangunan. Yang perlu selekasnya direvitalisasi itu museum, Keputren serta Songgobuwono. Bila kegiatannya, yang mengadakan tetaplah keraton, kita cuma mensupport, ” kata Rudy, sapaan walikota.




#Gan/Breakingnews/HumasKemendagri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman