Mahasiswa Kedokteran Unand Laksanakan FOME di Padang Barat - Cahaya Realita

Breaking

Sabtu, 01 April 2017

Mahasiswa Kedokteran Unand Laksanakan FOME di Padang Barat

Padang(SUMBAR),CR- Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) memilih Kecamatan Padang Barat untuk melakukan kegiatan Family Oriented Medical Education (FOME). Di daerah pantai ini diyakini para calon dokter mendapatkan tantangan sekaligus pengalaman sebagai bekal menggeluti profesinya kelak.

"Kecamatan Padang adalah daerah pantai. Kultur dan derjat kesehatan masyarakat disini mungkin berbeda dengan tempat lainnya," kata Camat Padang Barat Arfian saat menyambut mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran Unand yang akan melaksanakan kegiatan FOME, Sabtu (1/4/2017).

Arfian menambahkan, untuk kegiatan mahasiswa calon dokter yang bermuatan edukasi dirasa tepat di Padang Barat. Pasalnya, kehadiran mahasiswa akan memotivasi warga dalam lebih menjaga kesehatan.

"Saya rasa tepat kehadiran mahasiswa fakultas kedokteran di wilayah kami, karena akan mendorobg warga peduli kesehatan, " kata Arfian.

Intinya, camat menyambut baik kegiatan FOME mahasiswa kedokteran di wilayahnya.

"Dengan tangan terbuka, kami sangat menyambut baik, " ucap Arfian.

Pada kesempatan ini juga hadir para lurah dari sepuluh kelurahan di Kecamatan Padang Barat. Kader PKK dan Posyandu dari masing-masing kelurahan juga turut mendampingi.

Pembibing yang mendampingi menjelaskan, mahasiswa yang berjumlah 120 orang nantinya akan dibagi menjadi sepuluh kelompok untuk diterjunkan ke kelurahan.

Untuk diketahui, FOME ialah serangkaian kegiatan yang dilakukan mahasiswa kedokteran untuk mengasah kemampuan di dalam masyarakat, terutama di dalam keluarga. Karena pada dekade ini dokter umum diharapkan menjadi dokter layanan primer di tingkat keluarga, dengan prinsip pelayanan dokter keluarga. FOME bertujuan juga untuk menumbuhkan empati sebagai seorang dokter sejak tahun ke-2 di preklinik.

Pada kegiatan FOME ini apa saja yang dilakukan, ada kegiatan perkuliahannya sekali tiap minggu, bila bekal teori dirasa cukup, maka para peserta akan masuk ke dalam kegiatan lapangan.

Di lapangan, mahasiswa sebagai calon pelayan betul-betu diuji agat mampu berkomunikasi efektif, berketerampilan klinis, dan mampu menangani masalah kesehatan serta beretika.


#CR-01/D/Y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman